Berikut Ringkasan Liga Belanda 2018/2019

id Liga Belanda

Berikut  Ringkasan Liga Belanda 2018/2019

Kapten Ajax Matthijs de Ligt (kanan) bersama rekan-rekannya berpose dengan trofi Liga Belanda 2018/2019 usai menjadi juara berkat kemenangan 4-1 di kandang De Graafschap dalam laga pamungkas di Stadion De Vivjeberg, Doetinchem, Belanda, Rabu (15/5/2019) setempat. (twitter.com/AFCAjax)

Mataram (ANTARA) -  Liga Belanda musim 2018/2019 telah berakhir setelah laga pamungkas rampung digelar pada Kamis dini hari WIB.

Ajax keluar sebagai juara, untuk meraih trofi ke-34 kompetisi sepak bola paling bergengsi di Belanda tersebut.

Sebagai juara, Ajax berhak meraih satu tiket ke putaran kualifikasi Liga Champions musim depan, didampingi PSV Eindhoven yang finis di posisi kedua dan harus memulai lebih dulu di kompetisi tersebut yakni putaran kedua kualifikasi.

Baca juga: Ajax pastikan gelar juara Liga Belanda ke-34

Sementara itu, Feyenoord dan AZ Alkmaar akan berlaga di Liga Europa musim depan. Feyenoord yang finis di urutan ketiga bakal memulai dari putaran ketiga kualifikasi sebagai lungsuran dari jawara Piala Belanda, Ajax. Sedangkan AZ akan tampil lebih awal sejak putaran kedua kualifikasi.

NAC Breda menjadi tim yang sudah dipastikan terdegradasi ke divisi kedua, sedangkan Excelsior dan De Graafschap bakal terlibat dalam playoff promosi degradasi bersama enam tim divisi kedua untuk memperebutkan hak main di kasta tertinggi musim depan.

Keenam tim divisi kedua tersebut adalah TOP Oss, Sparta Rotterdam, Go Ahead Eagles, FC Den Bosch, SC Cambuur dan RKC Waalwijk.

Satu tim yang sudah dipastikan promosi ke kasta tertinggi sebagai jawara divisi dua adalah FC Twente.

Baca juga: Klasemen akhir Liga Belanda, Ajax di pucuk dengan selisih tiga poin

Baca juga: Tadic samai De Jong untuk berbagi gelar top skor

Berikut ringkasan hasil Liga Belanda 2018/2019:

Juara: Ajax
Liga Champions: Ajax (putaran ketiga kualifikasi), PSV (putaran kedua kualifikasi)
Liga Europa: Feyenoord (putaran ketiga kualifikasi), AZ Alkmaar (putaran kedua kualifikasi)
Peserta playoff perebutan satu tiket kualifikasi Liga Europa: 5-6
Peserta playoff promosi-degradasi: Excelsior, De Graafschap (dari Eredivisie); TOP Oss, Sparta Rotterdam, Go Ahead Eagles, FC Den Bosch, SC Cambuur, RKC Waalwijk (dari Eerste Divisie)
Degradasi: NAC Breda
Promosi dari Eerste Divisie: FC Twente