PLN UIW NTB santuni sebanyak 3.103 anak yatim dan dhuafa

id PLN NTB,anak yatim

PLN UIW NTB santuni sebanyak 3.103 anak yatim dan dhuafa

General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka (kanan), menyerahkan bantuan secara simbolis untuk guru ngaji, di Mataram, Kamis (23/5). (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah (PLN UIW) Nusa Tenggara Barat berbagi kebahagiaan Ramadhan 1440 Hijriah bersama 3.103 anak yatim dan dhuafa yang tersebar di Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Adapun total bantuan yang kami diberikan pada Ramadhan tahun ini senilai Rp1,1 miliar," kata General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka, di sela penyerahan santunan di Mataram, Pulau Lombok, Kamis.

Penyerahan bantuan kepada anak yatim dan dhuafa secara simbolis juga sudah dilakukan di dua wilayah di Pulau Sumbawa, yakni Kota Bima pada Senin (20/5), dan Kabupaten Sumbawa pada Selasa (21/5).

Rudi menjelaskan seluruh bantuan yang diberikan oleh PLN merupakan hasil zakat para pegawai yang dikelola oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN.

"Jadi ini bentuk kepedulian pegawai insan PLN bagi masyarakat. Setiap bulan penghasilan seluruh pegawai muslim sudah dipotong secara langsung untuk zakat dan diberikan bagi mereka yang sesuai kriteria," ujarnya.

Rudi berharap bantuan yang diberikan PLN dapat memberikan kebahagiaan bagi anak yatim dan dhuafa, khususnya dalam menjalani Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

Selain di NTB, PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN juga menyelenggarakan buka puasa bersama dengan 8.000 anak yatim dan dhuafa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Acara bertajuk "PLN Berbagi Kebahagiaan Ramadhan 1440 H" tersebut digelar di sejumlah yayasan yatim-piatu dan dihadiri oleh Direksi PLN, Dewan Komisaris PLN, Pengurus YBM dan General Manager di masing-masing unit PLN.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PLN, Muhamad Ali, dalam keterangan tertulisnya mengatakan kegiatan sosial tersebut merupakan komitmen PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir untuk negeri.

"Momen ini sangat tepat untuk PLN berbagi dengan sesama, PLN semakin berkah, jaya, dan makmur berkat doa adik-adik sekalian. Diharapkan adik-adik ini menjadi generasi penerus bangsa yang akan selalu menerangi negeri ini," kata Muhamad Ali

Selain buka bersama di sejumlah yayasan yatim piatu tersebar, PLN Peduli dan YBM PLN juga memberikan santunan total Rp3,5 miliar, berupa bantuan yayasan senilai Rp100 juta, bantuan santunan senilai Rp250 ribu hingga Rp500 ribu per anak, bantuan bingkisan senilai Rp100 ribu hingga Rp150 ribu per anak.

"Berada sedekat ini dan duduk bersama anak-anak dan saudara kami, kami merasa kehangatan dan kebahagiaan. Dengan amanah yang diberikan pemerintah kepada PLN untuk terus menerangi negeri, kami juga diingatkan untuk berusaha tidak melupakan kewajiban-kewajiban berbagi kepada sesama, kami mohon untuk didoakan agar PLN dapat lancar dan sukses dalam menjalankan kewajiban untuk menerangi negeri dan ikut memajukan bangsa," kata Muhamad Ali.