Indonesia-Jepang sepakat usung reformasi WTO di G20

id Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat temu media di Jakarta, Rabu. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Mataram (ANTARA) -  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Indonesia dan Jepang sepakat untuk mengusung multilateral trading system terkait reformasi WTO (World Trade Organization).

Kesepakatan tersebut disampaikan Mendag usai menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Hiroshige Seko di Jakarta, Rabu.

“Indonesia mendukung reformasi WTO. Dalam hal ini, Indonesia dan Jepang sepakat untuk mengusung tema ini saat G20 Summit di Osaka,” kata Enggar.

Sebagai tuan rumah, lanjut Mendag, Jepang melobi negara-negara lain dan meminta dukungan agar mendapatkan sikap yang sama mengenai multilateral trading system mengenai reformasi WTO.

Menurut Enggar, saat ini proteksionisme meningkat di berbagai negara sehingga juga dipandang perlu menjadi pembahasan di pertemuan 20 negara tersebut.

“Jangan ada proteksionisme. Kami menyampaikan bahwa reformasi itu yang kami dukung. Hanya bagaimana caranya itu yang akan menjadi pembahasan sendiri,” ungkap Enggar.
 
Pewarta :
Editor: Ihsan Priadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar