MotoGP: Sekilas Statistik balapan GP Italia

id MOto Gp

MotoGP: Sekilas  Statistik balapan GP Italia

Pebalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez dan pebalap Team Suzuki Ectar Alex Rins bertanding dalam Moto GP Qatar di Losail International Circuit, Qatar, Minggu (10/3/2019). Andrea Dovizioso berhasil menjuarai laga tersebut. ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Al Omari.

Mataram (ANTARA) - Marc Marquez (Repsol Honda) akan mengawali balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu dari pole position.

Capaian itu merupakan pole position Marquez ke-84 kalinya sepanjang karir balapan GP dan ke-56 kali di kelas premier (49,1 persen). Marques membutuhkan dua pole position lagi jika ingin menyamai rekor Mick Doohan yaitu 58 kali, demikian catatan laman resmi MotoGP, Sabtu (1/6).

Hasil kualifikasi pada Sabtu itu memberi pole position kedua bagi Marquez di Sirkuit Mugello di kelas premier. Pebalap asal Spanyol itu pertama kali start terdepan di Mugello pada 2014 sekaligus menjuarai balapan kala itu.

Di tempat kedua, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap tim independen dan pebalap rookie dengan posisi start terbaik sejauh ini di Mugello. Ini merupakan posisi start kedua dari baris terdepan bagi pebalap asal Prancis itu.


Baca juga:Start di belakang Marquez, Quartararo incar podium di Mugello

Baca juga:Marquez raih pole position di Mugello, Quartararo menguntit di P2


Sementara itu Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) akan start dari P3, yang merupakan posisi start kesembilan kalinya dari baris terdepan selama turun di 124 balapan di kelas MotoGP. Hasil terbaiknya di Mugello adalah finis ketiga pada 2017.

Jack Miller (Pramac Ducati) akan start dari P5. Ini merupakan kelima kalinya bagi pebalap asal Australia itu berada di peringkat enam besar kualifikasi.

Sedangkan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) akan menempati P7, yang merupakan hasil terburuknya di kualifikasi Mugello sejak 2015, ketika itu dia sebagai rookie, dan start dari P9.

Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) menembus delapan besar kualifikasi GP Italia. Hasil kualifikasi terbaiknya sejak dia turun di kelas MotoGP tahun ini.

Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) akan menjalani balapan ke-300 sepanjang karirnya pada Minggu. Pebalap asal Italia itu akan start dari P9, yang menjadikannya dua kali gagal menembus enam besar peringkat kualifikasi tahun ini.

Dovizioso juga memecahkan rekor kecepatan puncak ketika turun di FP3 di Mugello dengan rekor 356,7 km per jam.

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) mendapati hasil buruk babak kualifikasi yang mengirimnya ke posisi start 18, menyamai rekor terburuknya di babak kualifikasi GP Belanda 2006, ketika itu dia cedera. Juga posisi start di GP Aragon tahun lalu ketika dia start dari P17 karena mendapat penalti.

Baca juga:Ducati incar hattrick di Mugello

Baca juga:Akankah Italia kembali berpesta di Mugello?