Ruiz juara dunia tinju kelas berat setelah tekuk Joshua

id Andy Ruiz Jr

Ruiz juara dunia tinju kelas berat setelah tekuk Joshua

Andy Ruiz Jr merayakan kemenangan pertarungan setelah memukul TKO Anthony Joshua dalam perebutan gelar juara dunia tinju kelas berat di Madison Square Garden, Sabtu (01/06/2019). ANTARA/REUTERS/Andrew Couldridge/pri

Mataram (ANTARA) - Andy Ruiz Jr mengakhiri perlawanan juara dunia tinju kelas berat asal Inggris, Anthony Joshua, dengan TKO di ronde ketujuh dalam pertandingan perebutan gelar di Madison Square Garden, New York, Sabtu (Minggu pagi  WIB), sekaligus memastikan Ruiz menjadi orang Meksiko-Amerika pertama yang meraih gelar juara dunia tinju kelas berat.

Joshua, yang sebelumnya tidak terkalahkan dan bertarung untuk pertama kalinya di Amerika Serikat untuk mempertahankan gelar juara versi IBF, WBA, dan WBO-nya, empat kali dijatuhkan Ruiz dalam pertarungan tersebut sebelum akhirnya wasit menghentikan pertandingan pada ronde ketujuh.

Sebelumnya Ruiz tidak punya banyak waktu untuk persiapan mengalahkan sang juara mengingat dia hanya memiliki waktu lima minggu saja setelah lawan yang dijadwalkan Joshua sebelumnya, Jarrell Miller, terdeteksi positif mengkonsumsi doping.

Ruiz dijatuhkan ke kanvas di ronde ketiga, tetapi petarung kelas berat itu bangkit dan menjatuhkan petinju Inggris itu di babak yang sama dan Joshua pun masih beruntung diselamatkan waktu berakhirnya ronde.

Joshua tampak pulih dan kembali melakukan pukulan kerasnya dengan baik pada beberapa ronde berikutnya, tetapi Ruiz berhasil mendaratkan pukulan kerasnya di ronde keenam sehingga membuat sang juara terhuyung-huyung.

Joshua mencoba bertahan dari pukulan-pukulan Ruiz selama hampir dua menit tersisa pada ronde ketujuh dan akhirnya petinju Inggris itu bertekuk lututnya saat mencoba berjalan ke sudut netral.

Wasit sempat bertanya kepadanya apakah dia masih akan melanjutkan pertandingan sebelum akhirnya melambaikan tangan untuk mengakhiri pertarungan, seraya disambut gegap gempita oleh Ruiz dan pelatihnya di atas ring.

Baca juga: Ruiz manfaatkan berat badan untuk tumbangkan Joshua
Baca juga: Andy Ruiz nikmati status underdog