Pertamina tambah 15.680 elpiji subsidi antisipasi kelangkaan

id gas elpiji

Pertamina tambah 15.680 elpiji subsidi antisipasi kelangkaan

Pekerja mengisi tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram di Depot LPG Pulau Layang, Plaju, Palembang, (ANTARA News Sumsel/Indra Gultom/Ang/19)

Mataram (ANTARA) - PT Pertamina menambah 15.680 elpiji tiga kilogram untuk selama 10 hari, 1 hingga 10 Juni, di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dalam mengantisipasi kelangkaan gas bersubsidi itu selama Idul Fitri 1440 Hijriyah.

"Penambahan itu sekitar 15 persen dari kebutuhan hari biasa 10.600 tabung per hari," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Kamis.

Dengan adanya penambahan itu, tambahnya, kelangkaan elpiji tiga kilogram selama Idul Fitri tidak akan terjadi.

Namun apabila terjadi kelangkaan, maka pihaknya akan menghubungi PT Pertamina untuk melakukan operasi di daerah tersebut.

Operasi pasar itu dilakukan berdasarkan keluhan warga dan surat permintaan dari pemerintah desa adat.

"Pertamina siap melakukan operasi apabila terjadi kelangkaan nantinya dan ini komitmen dari perusahaan milik negara itu," katanya.

Ia menambahkan pada Idul Fitri 1439 Hijriah elpiji tiga kilogram di daerah itu terjadi kelangkaan, sehingga harga cukup tinggi dibandingkan harga eceran tertinggi (HET) Rp17.000 per tabung.

Saat itu harga elpiji ditingkat pengecer dijual Rp26 ribu sampai Rp28 ribu per tabung.

"Kita tidak menginginkan hal ini kembali terjadi yang bisa merugikan masyarakat," tambahnya.

Kuota elpiji tiga kilogram di Agam pada 2019 sebanyak 3.445.000 tabung atau 787.000 tabung per hari.