Pasar Aussie dibuka lemah terseret sektor industri dan kesehatan

id foto pasar saham Australia

Pasar Aussie dibuka lemah terseret sektor industri dan kesehatan

ilustrasi foto pasar saham Australia (Foto Istimewa)

Mataram (ANTARA) -  Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Kamis pagi, karena saham-saham sektor kesehatan dan industri membebani indeks.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 33,60 poin atau 0,51 persen menjadi diperdagangkan pada 6.606,90 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 29,50 poin atau 0,44 persen pada 6.686,60 poin.

Meskipun indeks pasar secara luas datar di AS semalam dengan obligasi berada di bawah tekanan, pasar bergeser kembali ke aset-aset terkait pertumbuhan, menunjukkan tanda-tanda agak positif bagi investor Australia.

"Penurunan harga emas memberikan bukti pasar lebih lanjut tentang pergerakan ke arah eksposur pertumbuhan," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam catatan pagi.

"Saham-saham teknologi dan minyak mentah mendapat dukungan karena data komponen-komponen akun nasional AS datang sedikit lebih baik dari yang diharapkan."

"Mata uang komoditas mendapat dukungan, dan dolar Australia terangkat, mengancam untuk menembus 70 sen AS. Saham berjangka menunjukkan kenaikan moderat pada pembukaan di Jepang dan Hong Kong, meskipun banyak ex-dividen REIT tampaknya membebani indeks Australia 200. "

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah secara keseluruhan dengan Commonwealth Bank turun 0,23 persen, Westpac Bank turun 0,14 persen, National Australia Bank turun 0,60 persen dan ANZ turun 0,14 persen.

Saham pertambangan menguat dengan BHP naik 0,51 persen, Rio Tinto naik 0,65 persen, Fortescue Metals naik 2,41 persen, namun penambang emas Newcrest turun 1,44 persen.

Produsen minyak dan gas sebagian besar lebih tinggi dengan Woodside Petroleum turun tipis 0,01 persen, Santos naik 1,12 persen dan Oil Search naik 0,70 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia merosot dengan Wesfarmers turun 1,08 persen dan Woolworths turun 0,75 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,52 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL melemah 1,03 persen.