PLN bangun Rumah Kreatif BUMN di Lombok Barat

id PLN UIW NTB

PLN bangun Rumah Kreatif BUMN di Lombok Barat

Menteri BUMN Rini Soemarno usai menghadiri Peresmian Rumah Kreatif BUMN di Karawang, Jawa Barat. (Mentari Dwi Gayati)

Mataram (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Rumah Kreatif BUMN (RKB) Lombok Barat tersebut diresmikan oleh Asisten II Bidang Pemerekonomian dan Pembangunan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Lale Prayatni didampingi oleh Senior Manager Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB, Sumarno, di Mataram, Minggu.

RKB Lombok Barat merupakan rumah belajar dan fasilitator bagi UMKM yang ingin mengembangkan usaha dan naik kelas meliputi pelatihan, pembinaan, permodalan, pemasaran, hingga perizinan dan sertifikasi.

Lale menyampaikan pentingnya upaya membantu mengentaskan kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di lapangan.

"Sebanyak 10.338 UMKM Lombok Barat yang tercatat di Dinas Koperasi, mayoritas memiliki dua masalah utama, yakni permodalan dan pemasaran. Melalui pergub dan dengan adanya RKB ini diharapkan dapat mengeliminasi kendala tersebut, terutama yang dihadapi UMKM yang belum maju," katanya.

Lale juga menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas konstribusinya kepada Kabupaten Lombok Barat.

"Terima kasih kepada PLN UIW NTB, semoga ide kreatif seperti ini terus bermunculan dan untuk diikuti oleh BUMN lainnya. Kami dari Pemkab Lobar siap mendukung untuk memberikan data sehingga antara Pemkab dengan PLN saling melengkapi," ucapnya pula.

RKB Lombok Barat berlokasi di Jalan Raya Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombak Barat menyediakan tempat sebagai "basecamp khusus pelaku usaha di Lombok Barat, untuk berkumpul dan berbagi pengetahuan.

Program-program RKB akan difokuskan untuk pelatihan dan pembinaan tematik yang disesuaikan oleh kebutuhan anggota dengan mendatangkan pakar dalam bidang terkait.

Sementara itu, Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW NTB, Sumarno, menjelaskan tujuan dari RKB untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan dan daerah di Lombok Barat yang dimulai dari UMKM.

"Dengan peran RKB sebagai jembatan menuju UMKM yang lebih tangguh ini, semoga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha," harapnya.

Peresmian RKB tersebut dihadiri juga oleh 50 pemilik UMKM yang antusias datang dari beberapa kecamatan yang ada di Lombok Barat, mulai dari jenis usaha, makanan, busana, jasa, kerajinan, agrobisnis dan lainnya.

Acara juga dirangkai dengan talkshow dan seminar "Creative Business and How to Start Creative Business" yang diisi oleh Assistant Manager CSR dan PKBL PLN UIW NTB, Aulia Mursalini, I Putu Trisna Wijaya dari PT ITDC, dan pemilik usaha Indah Mutiara Lombok, Indah Purwanti Ningsih.

"Senang dapat diundang ke acara ini, dapat bertemu dengan sesama pelaku usaha dan dapat pengetahuan baru. Saya berharap melalui RKB Lobar, kedepannya lebih banyak lagi kegiatan yang berdampak langsung kepada pemilik UMKM," tutur salah satu peserta seminar yang merupakan pengusaha kerajinan ketak, Subhan Sulaiman.