Arena MXGP Palembang siap digunakan pembalap

id MXGP Palembang

Arena MXGP Palembang siap digunakan pembalap

Arena motocros seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix MXGP di sirkuit OPI Mall Palembang telah rampung dikerjakan, Jumat. (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Mataram (ANTARA) - Arena balapan  seri Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) di Sirkuit OPI Mall Palembang dipastikan siap digunakan oleh para pembalap pada Sabtu (6/7).

Lintasan sejauh 1,6 kilometer yang terdiri dari gundukan-gundukan tanah liat sudah terbentuk dengan kokoh, Jumat pagi atau satu hari menjelang pelaksanaan. Terdapat beberapa gundukan setinggi 3 meter, dan ada juga gundukan tanah yang hanya satu meter.

Meski masih terdapat sejumlah pekerja di arena tersebut, yang umumnya WNA, namun sifatnya mereka hanya mengawasi pekerjaan minor, seperti membasahi arena dengan air.

Berbagai sarana dan prasarana pendukung lainnya pun sudah terpasang, seperti tribun penonton dan tribun VIP, tenda panitia, dan ruangan kesehatan.

Arena yang dibangun dalam waktu kurang lebih satu bulan ini juga sudah dikelilingi pagar pembatas di setiap pintu masuknya yang dijaga oleh petugas pengamanan.

Di sisi luar arena, tampak juga jajaran paddock (garasi markas tim) bertenda putih yang beberapa diantaranya sudah terisi.

Beberapa pembalap dunia tampak mengamati pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan mekaniknya, dan beberapa lainnya melakukan uji cocoba  motor yang akan dipakai pada pertandingan hari pertama, besok. Ada sebuah gundukan setinggi tiga meter yang bisa digunakan pembalap ini persis di depan jajaran paddock.
 
 
Jajaran paddock motocross seri Kejuaraan Dunia Motocros Grand Prix di sirkuit OPI Mall, Palembang, Jumat (5/7). (Antara News Sumsel/19/Dolly Rosana)
Ketua Pelaksana MXGP seri Palembang Irwansyah yang diwawancarai di lokasi pertandingan mengatakan persiapan dipastikan sudah 100 persen pada H-1 ini.

“Alhamdullilah dalam waktu singkat, kurang lebih satu bulan, persiapan sudah 100 persen pada H-1 ini,” kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan Indonesia ini mendapat apresiasi dari para crosser dunia ini, bahkan Youthstream selaku otoritas penyelenggara MXGP menyatakan bahwa arena di Palembang ini salah satu yang terbaik di dunia.

Palembang yang kali pertama menjadi tuan rumah MXGP menyediakan lokasi pertandingan yang sangat representatif di kawasan Jakabaring Sport City, yakni tepatnya berada di dalam kawasan mall dan hotel. Lokasi persis berada di muka Hotel Wydham Palembang.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Jeffrey JP menambahkan bahwa persiapan yang dilakukan panitia Palembang sudah memenuhi seluruh persyaratan yang diajukan Youthstream.

“Saya sudah tanya langsung ke PIC (People In Charge) dari Youthstream, dikatakan sudah tidak ada masalah lagi. Lintasan tinggal dikasih air, office-nya sudah ada, medical center dan paddock. Semoga saja semua lancar dua hari ke depan,” kata dia.

Puluhan pembalap dari 18 negara ambil bagian pada seri ketiga Kejuaraan Dunia MXGP 2019, 6-7 Juli 2019. Sebanyak 20 crosser akan terjun pada nomor MX1 (MXGP) dan 21 crosser pada nomor MX2.

Indonesia sebagai tuan rumah mendapatkan wild card untuk tiga pembalapnya Farhan Hendro dan Andri Lazaroni akan turun pada nomor MX1 (MXGP) dan Delvintor Alfarizi yang berlaga di MX2.

Bagi Indonesia, menjadi tuan rumah MXGP ini untuk kali ketiga karena sejak 2017 sudah diselenggarakan di Pangkal Pinang dan Semarang. Namun pada 2019 ini, event yang biasa digelar di Pangkal Pinang digeser ke Palembang, dan seri keempat tetap akan digelar di Semarang pada pekan depan.
 
Pewarta :
Editor: Ihsan Priadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar