MENAKERTRANS CANANGKAN PEMBANGUNAN KTM LABANGKA DAN TAMBORA

id

          Mataram, 25/11 (ANTARA) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mencanangkan pembangunan Kota Mandiri Terpadu (KTM) Labangka, Kabupaten Sumbawa dan KTM Tambora, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

         Pencanangan kedua KTM yang dirangkai dengan pencanangan Program Aksi Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) yang berlangsung di Mataram, Rabu, itu ditandai dengan penandatanganan prasasti.

         "Untuk mempercepat terwujudnya pusat-pusat pertumbuhan baru, perlu ditata kembali kawasan-kawasan transmigrasi yang relatif belum berkembang dan menarik minat kaum muda untuk ikut program transmigrasi," kata Menakertrans.

         Hadir dalam kegiatan itu antara lain Gubernur NTB TGH Zainul Majdi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi M Agus Patria.

          Oleh karena itu, kata dia, program transmigrasi yang dikemas dalam bentuk pembangunan KTM dikembangkan.

         Ia mengatakan, melalui pembangunan KTM yang dirancang secara holistik dan komprehensif layaknya membangun kawasan transmigrasi bernuansa perkotaan, diharapkan terjadi akselerasi prekonomian pedesaan.

         Selain itu terwujudnya kawasan transmigrasi mandiri yang memberi peluang investasi dan membuka kesempatan kerja yang pada akhirnya mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

         Kedua KTM yang dicanangkan tersebut adalah KTM Labangka di Sumbawa dan KTM Tambora di Bima telah ditetapkan oleh Menakertrans pada tanggal 29 September 2009 melalui Surat Keputusan Menakerttrans No. 293/MEN/IX/2009 tentang penepatan lokasi KTM di kawasan transmigrasi.

          Melalui pencanangan KTM tersebut diharapan timbul semangat masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam membangun daerahnya.

          Selain itu pencanangan ini juga dimaksudkan sebagai ajakan kepada lintas sektor terkait dan para pihan lainnya terutama para investor.

         "Semoga pusat-pusat pertumbuhan baru yang kita harapkan ini dapat terwujud dalam waktu yang relatif singkat," ujarnya.

         Seusai mencanangkan program aksi GPP dan KTM Tambora serta KTM Labangka Menakertrans meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Mataram dan Pos Kepulangan TKI di Bandara Selaparang Mataram.(*)