Menteri Pertahanan Turki pertimbangkan kemungkinan operasi di Suriah utara

id Presiden Turki Tayyip Erdogan

Militer Turki tak pernah ragu untuk melakukan tindakan yang sama seperti 45 tahun lalu "jika diperlukan demi nyawa dan keamanan warga Siprus Turki", kata Presiden Turk Recep Tayyip Erdogan (Anadolu Agency)

Mataram (ANTARA) -  Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar telah bertemu dengan para pejabat militer guna membahas kemungkinan operasi di Suriah utara, kata militer pada Kamis.

Sehari sebelumnya, Ankara memperingatkan bahwa Turki akan bertindak jika zona aman yang direncanakan tidak bisa disepakati dengan Amerika Serikat.

Turki pada Rabu (24/7) menyatakan negara itu telah "kehabisan kesabaran" terhadap Amerika Serikat dalam pembicaraan mengenai pembentukan zona tersebut. Para pejabat Turki dan AS telah mengadakan serangkaian pertemuan mengenai zona aman yang direncanakan dan perkembangan lain di wilayah itu.

"Kita menyampaikan pandangan kita dan permintaan kepada delegasi tersebut yang datang ke sini. Kita berharap mereka menilai ini dan menjawab kita secepatnya," kata Akar di dalam satu pernyataan. "Kita tekankan kepada mereka sekali lagi bahwa kita tidak akan memberikan toleransi buat penundaan apa pun dan bahwa kita akan menggunakan gagasan kita jika perlu."
Pewarta :
Editor: Ihsan Priadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar