Puan membenarkan PDIP undang Prabowo hadiri Kongres PDIP

id Puan kongres prabowo pdip

Puan membenarkan PDIP undang Prabowo hadiri Kongres PDIP

Tokoh PDIP yang juga Menko PMK Puan Maharani di Kompleks Istana KepresidenaN Jakarta, Senin (5/8/2019). ANTARA (Agus Salim)

Jakarta (ANTARA) - Tokoh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani Nakshatra Kusyala membenarkan bahwa PDIP mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menghadiri Kongres Kelima PDIP di Bali pada 8-11 Agustus 2019.

"Kita undang beliau dan beliau menyampaikan kalau tidak ada hal-hal yang menyebabkan tidak bisa, beliau akan hadir," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.




Ia mengaku PDIP belum mendapat konfirmasi selanjutnya saat menjelang pelaksanaan kongres itu.

"Ini kan undangannya waktu saat makan nasi goreng bareng-bareng," jelas Puan yang juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

Ia menyebutkan Kongres PDIP itu akan membahas percepatan dan peningkatan soliditas partai untuk ikut bersama-sama membangun bangsa dan negara bersama pemerintah.

Kongres Ke-5 PDIP itu akan digelar pada 8-11 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit, Bali. Kongres juga bertujuan memperkuat kaderisasi kepemimpinan dari tingkat anak ranting hingga pusat.

Mengenai posisi sebagai calon Ketua DPR, Puan mengatakan belum ada pembahasan.

"Memang sesuai UU MD3, Pemilu itu memberikan kesempatan kepada parpol untuk berkompetisi dalam pemilu. Sehingga pilihan rakyat yang dilakukan pada saat pemilu mendapatkan suara terbanyak akan menjadi ketua dari pimpinan DPR," katanya.

Menurut dia, PDIP sebagai partai pemenang pemilu sesuai UU akan mendapatkan Ketua DPR. "Tapi siapa yang akan ditunjuk di sana ya tentu saja salah satunya orang yang sudah cukup berpengalaman dan mempunyai suara terbanyak," jelasnya.

Ketika ditanya nama dirinya sering disebut sebagai calon Ketua DPR dan Calon Ketua Umum PDIP, Puan menjawab singkat. "Ya amin, doain saja," katanya.

Ketika ditanya apakah Kongres PDIP nanti juga akan membahas sosok setelah Jokowi pada 2024, Puan mengatakan masih lama sekali.

"Dilantik 2 periode saja belum. Tunggu Oktober, belum ngomongin itu," katanya.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar