Pemkot Mataram menyiapkan puluhan hewan kurban

id kurban,sapi,Pemkot Mataram siapkan hewan kurban,hewan kurban

Seorang calon pembeli hewan kurban di seputar Kota Mataram, mengecek kondisi hewan kurban dengan mastikan hewan kurban tersebut memiliki stempel dari Dinas Pertanian yang menjadi jaminan sehat dan memenuhi syarat kurban. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan puluhan ekor hewan kurban, yang akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak saat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Kamis, mengatakan, sampai hari Rabu ini jumlah hewan kurban yang berhasil dihimpun Pemerintah Kota Mataram sebanyak 63 ekor.

"Hewan kurban sebanyak 63 ekor itu terdiri atas 19 ekor sapi dan 44 ekor kambing. Jumlah itu kami harapkan akan bertambah lagi," katanya kepada sejumlah wartawan.

Hewan kurban yang berhasil dihimpun selain berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Mataram, juga dari pihak-pihak lain seperti Bank NTB Syariah, Baznas Kota Mataram, dan Jamkrida.

Dikatakan, hewan kurban tersebut mulai didatangkan dan dihimpun di halaman Kantor Wali Kota Mataram pada Jumat (9/8). Karena, proses penyembelihan hewan kurban akan dilakukan langsung di halaman kantor wali kota setelah pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 Hijriah.

Kegiatan shalat Idul Adha, kata Martawang, jajaran Pemerintah Kota Mataram akan bergabung dengan Pemerintah Provinsi NTB di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center.

Selanjutnya, wali kota dan jajarannya melanjutkan proses penyerahan hewan kurban dari wali kota kepada Ketua PHBI Kota Mataram dalam hal ini Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito.

Kemudian puluhan hewan kurban itu akan didistribusikan kembali kepada masyarakat melalui kecamatan, dan OPD yang memiliki pekerja harian lepas, seperti di Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Pemadam Kebakaran.

Untuk Dinas LH, selain memberikan kepada pegawai harian lepasnya juga memberikan hewan kurban bagi warga di sekitar di TPA Kebon Kongok, Kabupaten Lombok Barat, yang menjadi daerah binaannya.

"Begitu juga dengan pihak RSUD Mataram memberikan hewan kurban kepada warga di sekitarnya, sebagai bentuk mempererat silaturahmi dan rasa solidaritas sosial menjadi marwah dari implementasi visi Kota Mataram," katanya.

Sementara, untuk masyarakat yang ada di sekitar Kantor Wali Kota Mataram, pemerintah kota akan menyembelih sebanyak lima ekor sapi yang dagingnya dibagi-bagi kepada warga sekitar.

"Agar tertib, sistemnya kita gunakan kupon yang nantinya dibagi melalui aparat kelurahan," ujarnya.

Lebih jauh, Martawang mengingatkan kepada Dinas Pertanian agar selama proses pemotongan hewan kurban, agar aktif melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan kurban.

"Tujuannya, agar daging kurban yang akan dikonsumsi masyarakat kualitasnya terjamin," katanya.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar