Rossi sebutkan alasannya gagal mengamankan podium di Silverstone

id Valentino Rossi,Antaranews NTB

Rossi sebutkan alasannya gagal mengamankan podium di Silverstone

MotoGP - British Grand Prix - Silverstone Circuit, Silverstone, Britain - August 25, 2019 Monster Energy Yamaha's Valentino Rossi waves to fans at the end of the race REUTERS/David Klein (REUTERS/DAVID KLEIN)

Mataram (ANTARA) - Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) gagal mengamankan podium di GP Inggris, Sirkuit Silverstone, walau pun mengawali balapan dari baris terdepan.

Rossi, yang start dari P2, harus puas finis keempat, terpaut 12 detik dari sang juara, Alex Rins (Suzuki Ecstar).

"Finis keempat tapi kami tidak senang karena kami berharap lebih. Kami ingin mencoba bertarung untuk podium karena aku start dari baris terdepan dan khususnya ketika sesi latihan aku selalu memiliki kecepatan yang bagus," kata sang pebalap asal Italia itu seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Di lap pertama, Rossi langsung melorot ke P3 setelah disalip oleh Rins. Hingga di lap ketujuh, rekan satu timnya, Maverick Vinales, menyalip sang pebalap berjuluk The Doctor itu.

"Tapi hari ini balapan lebih sulit bagiku karena aku lebih kesulitan dengan grip belakang dan ban belakang dan sejak awal aku tidak cepat seperti kemarin, khususnya di paruh kedua balapan aku harus melambatkan diri karena mendapati banyak slide, aku tak cukup kuat," kata Rossi.

Vinales, yang menjadi pebalap tercepat di lap terakhir, mempersembahkan podium untuk Yamaha dengan finis peringkat tiga setelah Rins dan Marc Marquez (Repsol Honda).

"Aku mengincar lap terakhir dan mengira bisa mengejar mereka tapi aku telah mencoba yang terbaik," kata Vinales, yang kini berada di peringkat lima klasemen, unggul dua poin dari rekan satu timnya.

"Kami telah mengeluarkan yang maksimal dari motor Yamaha kami. Kami kewalahan di lintasan lurus soal kecepatan puncak, tapi entah bagaimana aku mampu membalap dengan baik," kata sang pebalap asal Spanyol itu.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap Yamaha ketiga yang finis di peringkat lima besar hari itu.

Sementara rekan satu timnya, rookie Fabio Quartararo, terjatuh di tikungan pertama dan gagal menyelesaikan lomba.