AS, China terapkan tarif tambahan

id Bendera Tiongkok

AS, China terapkan tarif tambahan

FOTO FILE: Bendera Tiongkok dan AS berkibar di dekat Bund, sebelum delegasi perdagangan AS bertemu rekan-rekan China mereka untuk mengadakan pembicaraan di Shanghai, Cina 30 Juli 2019. REUTERS / Aly Song

Mataram (ANTARA) - China dan Amerika Serikat pada Minggu mulai saling menerapkan tarif-tarif tambahan terhadap komoditas masing-masing.

Penerapan itu merupakan peningkatan ketegangan terbaru dalam perang dagang antara kedua negara kendati pembicaraan di antara mereka kemungkinan akan dimulai lagi bulan ini.

Putaran baru tarif AS terhadap beberapa barang China dan tarif China terhadap barang-barang AS dijadwalkan mulai berlaku pada Minggu pukul 04.01 GMT (11.01 WIB).

Pemerintah Trump mulai menerapkan tarif 15 persen terhadap impor barang dari China senilai lebih dari 125 miliar dolar AS (sekitar Rp1,7 kuadriliun), termasuk pada pengeras suara canggih, pengeras suara praktis Bluetooth dan banyak jenis alas kaki.

Sebagai balasan, Beijing mengenakan tarif 5 persen atas minyak mentah AS mulai 1 September. Inilah pertama kalinya minyak AS dikenai tarif sejak kedua negara perekonomian terbesar dunia itu mulai melancarkan perang dagang lebih dari satu tahun lalu.

Presiden AS Donald Trump bulan lalu mengatakan ia akan meningkatkan tarif 5 persen senilai 550 miliar dolar (sekitar Rp7,8 kuadriliun) atas impor barang-barang dari China setelah Beijing mengumumkan tarif pembalasannya terhadap barang-barang AS.

Tarif 15 persen oleh AS atas telepon seluler, komputer jinjing, mainan dan pakaian akan mulai berlaku pada 15 Desember.

Tim-tim perunding dagang dari China dan Amerika Serikat melanjutkan pembicaraan dan akan bertemu pada September. Namun, peningkatan tarif atas barang-barang China akan mulai diterapkan pada Minggu dan tidak akan ditunda, kata Trump pada Jumat (30/8).