Desa Bangkat Monteh menjadi desa pertama STBM di Sumbawa Barat

id STBM

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin saat menghadiri deklarasi Desa Bangkat Monteh menjadi desa berkomitmen lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarat (STBM) di lapangan desa setempat, Kecamatan Brang Rea, Kamis (5/9). Lima pilar STBM itu, yakni, tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan dengan sabun, mengelola air minum rumah tangga, mengelola sampah rumah tangga, dan mengelola limbah cair rumah tangga. (Antara/Feryal Mukmin Pertama)

Sumbawa Barat (ANTARA) - Desa Bangkat Monteh menjadi desa pertama di Kabupaten Sumbawa Barat yang mendeklarasikan komitmen lima pilar sanitasi total berbasis masyarat (STBM).

Lima pilar STBM yakni tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan dengan sabun, mengelola air minum rumah tangga, mengelola sampah rumah tangga, dan mengelola limbah cair rumah tangga, dideklarasikan di lapangan Desa Bangkat Monteh Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (5/9).

M Yusfi Hanif selaku aparatur sipil negara (ASN) pendamping di Desa Bangkat Monteh, Kamis, menyatakan kinerja STBM dari masyarakat Bangkat Monteh jika dipersentasekan sudah mencapai angka 77,8 dan dapat dikategorikan baik dalam kinerja yang ada.  

"Sejauh ini desa Bangkat Monteh telah melaksanakan STBM sudah dikategorikan ke dalam kinerja yang baik dan keberhasilan pencapaiannya sejauh ini tidak luput dari dukungan dan kerjasama dari Babinsa. Dinkes yang gencar memberikan pemahaman tentang kesehatan kepada masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup yang memberdayakan masyarakat melalui pelatihan daur ulang sampah, Karang Taruna yang berperan aktif memberikan ide-ide kreatif, dan PT Bintang Bano yang memberikan bantuan materil kepada masyarakat kami," paparnya.

Pria yang akrab dipanggil Yusfi ini juga menambahkan saat ini pemerintah desa telah mengukuhkan Juru Basmi Jentik (Jubastik) agar masyarakat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. 

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengelola program pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan untuk terus berkebutuhan hidup bersih, prilaku yang higienis, dan sanitasi yang sehat dimana keseluruhan telah dikemas dalam 5 pilar STBM. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin menyatakan desa tersebut menjadi desa pertama dalam mendeklarasikan komitmen lima pilar STBM, dengan komitmen ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh (IJS).

"Yang akan menggerakkan masyarakat pada tujuan utama yaitu tuntas program STBM di wilayah KSB. Musyafirin berharap satu minggu kedepan Desa Bangkat Monteh akan dapat dijadikan sebagai Desa percontohan untuk seluruh Desa yang ada di KSB," katanya.

Seperti diketahui, untuk menciptakan desa yang berkomitmen terhadap lima pilar STBM ini, pemerintah daerah KSB khususnya pemerintah di Desa Bangkat Monteh bekerja sama dengan Babinsa, Babinkantibmas, Dinas Kesehatan KSB, dan Dinas Lingkungan Hidup KSB gencar melaksanakan berbagai kegiatan seperti sosialisasi, perlombaan antar peliuk, dan gotong royong bersama masyarakat setempat.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar