Belgia gunduli Skotlandia empat gol tanpa balas

id tim nasional Belgia

Belgia gunduli Skotlandia empat gol tanpa balas

Bintang tim nasional Belgia Kevin de Bruyne (kanan) melepaskan tembakan untuk mencetak gol ke gawang Skotlandia dalam laga Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Senin (9/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Russell Cheyne)

Mataram (ANTARA) -  Kevin de Bruyne tampil sempurna saat memimpin Belgia menghajar tuan rumah Skotlandia dengan kemenangan empat gol tanpa balas dalam lanjutan pertandingan Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Hampden Park, Glasgow, Senin setempat (Selasa WIB).


Bintang Manchester City itu mengirimkan tiga assist untuk gol-gol Romelu Lukaku, Thomas Vermaelen, dan Toby Alderweireld, sebelum menempatkan namanya sendiri di papan skor, demikian catatan laman resmi UEFA.

Laga baru berjalan sembilan menit ketika De Bruyne memimpin serangan balik Belgia sebelum melepaskan umpan tarik yang mudah saja diselesaikan oleh Lukaku untuk membuka keunggulan atas tuan rumah.

Ia mencatatkan assist keduanya pada menit ke-24 saat melepaskan umpan silang dalam situasi sepak pojok yang berhasil disambut dengan tandukan jarak dekat oleh Vermaelen demi menggandakan keunggulan Belgia.

Delapan menit kemudian, De Bruyne melengkapi raihan tiga assist dengan mengirimkan sepak pojok yang disundul Alderweireld, bola membentur bagian bawah mistar sebelum memantul melewati garis dan akhirnya keluar. Namun gol dipastikan sah dan Belgia unggul 3-0 atas Skotlandia hanya setelah 32 menit.

Keunggulan itu bertahan lama bagi Belgia yang terus mengendalikan jalannya laga hingga De Bruyne menutup malam sempurnanya dengan sebuah tembakan melengkung ke area tiang jauh, memperdaya kiper David Marshall demi memastikan kemenangan 4-0 bagi tim tamu.

Baca juga: Belgia masih sempurna usai berpesta empat gol di San Marino

Sebagaimana De Bruyne, Belgia juga sejauh ini memiliki catatan sempurna di Grup I dengan koleksi 18 poin dari raihan sapu bersih enam pertandingan, sedangkan Skotlandia (6) harus rela lungsur ke urutan kelima.

Di sisi lain, hasil 4-0 juga membuat Belgia saat ini selalu menang dalam lima pertemuan melawan tim-tim daratan Britania Raya di bawah asuhan Roberto Martinez. Bahkan, tak sekalipun gawang Belgia kebobolan dengan skor akumulatif 14-0.