Dinkes Mataram tangani lima kasus gizi buruk

id dinkes,mataram,gizi buruk

Dinkes Mataram tangani lima kasus gizi buruk

Ilustrasi gizi buruk. (1)

Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tahun ini menangani lima kasus gizi buruk yang merupakan sisa kasus tahun lalu.

"Sebanyak lima kasus gizi buruk yang kita tangani saat ini murni karena kelainan lahir, sehingga proses penyembuhannya cukup lama," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Senin.

Menurutnya, lima kasus gizi buruk dengan kelainan saat lahir itu antara lain berat badan rendah dan pengecilan otak. Kelima kasus gizi buruk tersebut saat ini sedang ditangani pada masing-masing Puskesmas asal penderita gizi buruk.

Baca juga: Dinkes Mataram tangani lima kasus gizi buruk

Petugas dari Puskesmas akan melakukan perawatan dan kunjungan langsung ke rumah pasien secara berkala dan memberikan bantuan pendamping ASI. Apabila terjadi komplikasi terhadap penyakitnya, mereka akan dirujuk ke RSUD Kota Mataram.

"Selama dirawat di RSUD, orang tuanya akan mendapatkan bantuan untuk penunggu pasien, sehingga mereka bisa fokus menjaga anak mereka," katanya.

Kasus gizi buruk, kata Usman, terjadi pada hampir semua daerah dan sampai saat ini pihaknya belum mendengar satu daerah yang bebas dari gizi buruk.

Baca juga: Dinkes Mataram mencatat 11 kasus gizi buruk
Baca juga: Menteri PP temukan kasus gizi buruk di Mataram


 
Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar