City kalahkan "saudara tua" Liverpool 3-1

id manchester city,everton,liga inggris,saudara tua,liverpool,jurgen klopp,Moh Salah

City kalahkan "saudara tua" Liverpool 3-1

Penyerang Manchester City Raheem Sterling (kiri) melakukan selebrasi bersama Rodri Hernandez usai mencetak gol ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (28/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Boyers)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City meraih kemenangan relatif mudah dalam lawatan ke kandang Everton dengan skor 3-1 untuk laga pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Baca juga: Klasemen Grup G Zona Asia, Indonesia juru kunci

Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan City, sedangkan Everton hanya bisa membalas sekali lewat Dominic Calvert-Lewin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu sekaligus menjaga jarak City dari puncak klasemen tetap lima poin. City ada di urutan kedua dengan koleksi 16 poin di bawah Liverpool (21) di puncak.

Sedangkan Everton (7) yang kian mendekati zona degradasi dan menempati urutan ke-15 boleh jadi akan mempengaruhi keamanan pekerjaan Marco Silva di tim Merseyside Biru itu.

Sejak sepak mula, Man City tampil dominan di Goodison Park namun peluang pertama mereka gagal diselesaikan Ilkay Guendogan dari jarak dekat. Mahrez lantas menyusul namun tembakannya membentur mistar gawang.

Jesus, yang sempat mengungkapkan keinginannya untuk lebih sering dimainkan sebagai starter, membayar lunas kepercayaan Pep Guardiola dengan mencetak gol pada menit ke-24 untuk membuka keunggulan City.

Everton berusaha segera membalas namun sepakan mendatar Gylfi Sigurdsson masih bisa dijangkau kiper Ederson Moraes di sudut bawah gawang.

Baca juga: Leicester petik pelajaran dari kekalahan Liverpool

Tuan rumah dilanda optimisme ketika berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat Calvert-Lewin yang menyorongkan bola tembakan Seamus Coleman yang gagal diantisipasi sempurna oleh Ederson pada menit ke-33.

Skor itu bertahan hingga turun minum, namun City memasuki babak kedua masih dengan kepercayaan diri tinggi menggempur tuan rumah namun tembakan Guendogan dan Kevin De Bruyne masih bisa dihalau barisan pertahanan Everton.

Sebaliknya, Everton berusaha mencuri keunggulan lewat situasi bola mati yang ditanduk Yerry Mina namun Ederson sigap menggagalkan peluang tersebut.

Setelah peluang demi peluang terbuang, City akhirnya sukses merestorasi keunggulan lewat eksekusi tendangan bebas Mahrez yang melengkung melewati pagar hidup sebelum melesak ke sudut kanan bawah gawang tanpa mampu diantisipasi oleh kiper Jordan Pickford pada menit ke-71.

Everton berusaha bangkit namun dua peluang beruntun dari Calvert-Lewin dan Mina berhasil dimentahkan oleh Ederson.

Lantas pada menit ke-84 City sepenuhnya membunuh harapan Everton untuk bangkit kala Sterling menyambar bola liar hasil penyelamatan tak sempurna Pickford atas tembakan Sergio Aguero.

Bola sempat membentur bagian bawah mistar gawang sebelum memantul keluar, namun teknologi garis gawang memastikan keabsahan gol tersebut.

City sukses memaksa Everton menelan dua kekalahan beruntun di Goodison Park.

Susunan pemain:

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Morgan Schneiderlin (Tom Davies), Fabian Delph; Theo Walcott (Alex Iwobi/Moise Kean), Gylfi Sigurdsson, Richarlison; Dominic Calvert-Lewin
Pelatih: Marco Silva

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Fernandinho, Olexandr Zinchenko; Kevin de Bruyne (Bernardo Silva), Rodri Hernandez, Ilkay Guendogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus (Sergio Aguero), Raheem Sterling (David Silva)
Pelatih: Pep Guardiola