Everton ke luar dari zona degradasi usai kalahkan West Ham

id Everton,West Ham,Liga Inggris

Everton ke luar dari zona degradasi usai kalahkan West Ham

Pemain Everton, Bernard, saat melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama The Toffees ke gawang West Ham United dalam laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Sabtu (19/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Russel Cheyne)

Jakarta (ANTARA) - Everton berhasil keluar dari zona degradasi usai mengalahkan West Ham United di Goodison Park 2-0 melalui gol Bernard di menit 17 dan Gylfi Sigurdsson jelang pertandingan berakhir dalam laga lanjutan Liga Inggris, Sabtu (19/10).

Raihan poin penuh ini membawa Everton naik ke posisi 12 (18) dengan mengoleksi 10 poin. Sementara West Ham tetap tertahan di posisi delapan. Kemenangan ini memupus rentetan hasil buruk The Toffees di empat laga tanpa kemenangan.

Pertandingan Everton vs West Ham United ini menjadi laga membuka rangkaian jadwal Liga Inggris pekan kesembilan. Rentetan empat kekalahan beruntun membuat Everton terdampar di zona degradasi dan jelas membuat posisi manajer Marco Silva kian tertekan.

Silva butuh tiga poin penuh saat menjamu West Ham di Goodison Park bukan saja untuk mengangkat posisi Everton dari zona degradasi, tapi juga demi mengurangi tekanan kepadanya

Saat laga baru berjalan empat menit, West Ham mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas Lanzini. Sayang, sepakannya masih melebar dari gawang Pickford.

Everton yang memerlukan poin penuh untuk bisa keluar dari zona degradasi langsung tampil menekan. Dua peluang diciptakan melalui Tom Davies dan Theo Walcott namun belum bisa merobek jala gawang Roberto Jimenez.

Menit ke-17, Bernard membawa Everton unggul 1-0 usai mengelabui dua pemain bertahan West Ham. Ia yang mendapat umpan dari Theo Walcott, meliuk-liuk melewati hadangan bek The Hammers untuk kemudian menyontek bola yang tidak bisa diamankan kiper.

Richarlison hampir membawa Everton menggandakan keunggulan pada menit ke-22, namun sepakannya membentur mistar gawang. Sepanjang babak pertama, The Toffees terus mengurung pertahanan West Ham, namun hingga paruh laga usai, skor tetap 1-0.

Terus dikurung membuat Manuel Pellegrini memasukan Yarmolenko menggantikan Filipe Anderson guna menyeimbangkan lini tengah yang serap kalah berduel.

Richarlison hampir kembali membuat Everton mencetak gol, ia terlebih dahulu terjebak Offside. Sepakan voli di dalam kotak penaltinya mendarat mulus di atas kiri gawang, namun wasit menganulirnya.

Motivasi untuk keluar dari zona degradasi menyelimuti Goodison Park. Everton tak mengendurkan serangan dan terus menekan pertahanan West Ham. Kini giliran Walcott yang sial, sepakan keras dari jarak jauh membentur mistar gawang.

Pada menit 66, West Ham mendapat peluang melalui tendangan bebas. Tetapi, Pickford mampu mengamankan bola sepakan Yarmolenko.

Everton kembali gagal menambah angka setelah sundulan Yerry Mina yang merobek jala gawang kembali dianulir karena terlebih dahulu melakukan pelanggaran.

Pickford menjadi pemain kunci dalam pertandingan kali ini, ia kembali mampu mengamankan peluang berbahaya sontekan Agbonna usai terjadi kemelut di dalam kotak penalti.

Jelang pertandingan berakhir, Everton menambah keunggulan melalui Gylfi Sigurdsson pada menit 90+2 melalui sepakan keras di luar kotak penalti yang tak bisa dihalau kiper.

Selanjutnya, Everton akan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion pada 26 Oktober. Sementara West Ham akan menjamu Sheffield United pada laga pekan ke-10.

Susunan pemain kedua tim;

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Djibril Sidibe, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Andre Gomes, Tom Davies; Theo Walcott (Moise Kean), Alex Iwobi (Gylfi Sigurdsson), Bernard; Richarlison.

West Ham United (4-1-4-1): Roberto Jimenez; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Arthur Masuaku; Declan Rice; Felipe Anderson (Yarmolenko), Mark Noble (Albian Ajeti), Manuel Lanzini, Pablo Fornals (Jack Wilshere); Sebastien Haller.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar