Dorong Kemandirian Pangan, PLN UIW NTB Dukung Pembangunan Kawasan Rumah Pangan Lestari

id KRPL ,PLN UIW,NTB,Sumbawa

Dorong Kemandirian Pangan, PLN UIW NTB Dukung Pembangunan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah (tengah), memberi semangat kepada ibu-ibu pengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Dusun Panca Warga, Labuhan, Kabupaten Sumbawa, Minggu (13/10/2019). Foto Humas PLN UIW NTB

Mataram (ANTARA) - Seiring dengan pertambahan penduduk dan alih fungsi lahan pertanian yang tidak akan pernah bisa dihentikan, maka berbagai upaya untuk tetap mengusahakan tercapainya kemandirian pangan pun harus terus dilakukan. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan pangan adalah mendorong pemanfaatan lahan sekitar pekarangan rumah untuk dijadikan lahan tanam. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat terus mendorong munculnya Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Salah satunya melalui Program PLN Peduli, PLN memberian bantuan pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Dusun Panca Warga, Labuhan, Kabupaten Sumbawa.

Bantuan yang diberikan oleh PLN berupa pelatihan teknis pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos, fasilitas bibit composer untuk pengolahan sampah, bibit tanaman sayur mayur, pembangunan gapura Kawasan Rumah Pangan Lestari, serta pendampingan pelatihan bekerja sama dengan Universitas Samawa. 
Jajaran PLN UIW NTB semangat mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Dusun Panca Warga, Labuhan, Kabupaten Sumbawa. Foto Humas PLN UIW NTB
Manager PLN Unit Pembangkitan Tambora, Ardhi Tartahadi mengatakan bahwa melalui program ini PLN ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat itu sendiri.

"Kami berharap dengan pelatihan dan pendampingan yang ada, masyarakat bisa benar-benar mengolah sampahnya menjadi pupuk kompos. Tentu ini akan memberikan nilai lebih bagi masyarakat," kata Ardhi.

Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah saat sambutan dalam acara peresmian KRPL Dusun Panca Warga, Minggu (13/10) memberikan apresiasi atas bantuan yang diberikan PLN.

"Sampah ini menjadi salah satu masalah besar kita, ini harus dilakukan secara sinergi. Dengan program ini diharapkan dapat membantu menangani masalah sampah dan keberlangsungan ketersediaan pangan," ucap Wakil Bupati Sumbawa. 
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar