Quartararo mendominasi hari pertama latihan GP Valencia

id fabio quartararo,gp valencia,motoGP

Quartararo mendominasi hari pertama latihan GP Valencia

Fabio Quartararo di Sirkuit Sepang, GP Malaysia 2019 (HO/Petronas SRT)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo mendominasi hari pertama sesi latihan bebas Grand Prix Valencia, Jumat, sebagai pebalap tercepat di kedua sesi.

Setelah tampil tercepat di sesi latihan pagi (FP1) dengan waktu satu menit 31, 455 detik, catatan waktu Quartararo di FP2 yang lebih baik 0,720 detik membawa rookie asal Prancis itu ke P1, mengungguli pebalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales yang berada di peringkat kedua, 0,148 detik lebih lambat, demikian laman resmi MotoGP.

Juara dunia MotoGP tahun ini, Marc Marquez di peringkat tiga catatan waktu kombinasi kedua sesi latihan hari itu.

Suhu udara di Valencia lebih hangat di siang hari sehingga semua pebalap mampu memperbaiki catatan waktu mereka di sesi latihan siang.

Setelah terjatuh di FP1 ketika melaju di Tikungan 4, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) kembali mencium gravel di FP2 saat melibas belokan cepat ke kanan, Tikungan 10, yang cepat.

Pebalap asal Italia itu tak mengalami cedera untungnya namun catatan waktunya hanya mampu membawanya ke P14 secara keseluruhan.

Di hari pertama latihan, dua Yamaha memimpin mesin Honda sementara Jack Miller (Pramac Racing) menjadi pebalap Ducati tercepat di P4.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) menjadi pebalap Yamaha ketiga di peringkat lima besar diikuti oleh duo Suzuki Ecstar Alex Rins dan Joan Mir di P6 dan P7.

Setelah finis P12 di FP1, Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) tampil impresif di sesi siang untuk mengklaim P8. Pebalap asal Spanyol itu unggul tipis dari Andrea Dovizioso (Ducati) dan Johann Zarco (LCR Honda) yang berada di dua peringkat terakhir slot provisional untuk langsung lolos ke Q2.

Catatan waktu kombinasi latihan
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) – 1 menit 30,735 detik
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,148
3. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,239
4. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,265
5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,464
6. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,495
7. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,545
8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,570
9. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,616
10. Johann Zarco (LCR Honda Idemitsu) + 0,634