Ratusan ton bibit padi akan diberikan ke petani di Sumbawa Barat

id Bibit padi,Padi,beras,sawah

Ratusan ton bibit padi akan diberikan ke petani di Sumbawa Barat

Petani mempersiapkan bibit padi untuk ditanam di persawahan desa Karangtejo, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (13/11/2019). FOTO ANTARA/Anis Efizudin/hp. ( (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Taliwang (ANTARA) - Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbutnak) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) saat ini sedang melakukan penyaluran bibit padi untuk petani yang ada di KSB.

Sebelumnya bibit padi sebanyak lima truk untuk petani telah tiba di KSB pada hari Senin (25/11).

Kepala Distanbutnak KSB Suhadi melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Syaiful Ulum di Taliwang, Rabu, mengatakan bahwa total bibit padi yang sampai sudah sampai mencapai 169 ton.

Jumlah tersebut diperkirakan dapat mencukupi lahan seluas 6.787 hektare yang tersebar di semua Kecamatan yang ada di KSB.

"Jadi semua petani padi dipastikan mendapatkan bibit tersebut. Jika diperkirakan satu hektare lahan akan mendapat 25 kilogram bibit padi," katanya.

Ia menuturkan bantuan bibit padi ini diberikan oleh Pemerintah Pusat, sementara pemerintah daerah hanya  mendrop ke petani. Pembagian bibit juga telah dihitung oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).


"Bibit yang diberikan tersebut cukup atau tidak satu hektar, tetap 25 kilo diberikan, Itu sudah ketentuan teknis," katanya.

Syaiful Ulum berharap bantuan bibit tersebut dapat menolong para petani dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diharapkan.