Rugi miliaran rupiah, ikon "Padang Kota Tercinta" di puncak Gunung Padang terbakar

id Padang Kota Tercinta,Ikon Padang, Tengara Padang

Rugi miliaran rupiah, ikon "Padang Kota Tercinta" di puncak Gunung Padang terbakar

Tulisan PADANG KOTA TERCINTA di puncak  Gunung Padang terbakar pada Sabtu (30/11/2019). (ANTARA/HO) 

Padang (ANTARA) -
Ikon "Padang Kota Tercinta" di puncak Gunung Padang, Sumatera Barat, yang dibuat dengan biaya miliaran rupiah, terbakar pada Sabtu sekitar pukul 05.30 WIB.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Basril saat dihubungi dari Padang mengatakan kebakaran di kawasan puncak Gunung Padang membuat sebagian besar tulisan PADANG Kota Tercinta terbakar, hanya menyisakan huruf N dan G saja.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, menurut dia, sudah mengerahkan enam armada pemadam dan 70 personel untuk memadamkan kebakaran di area tersebut.
 
"Dan juga ditambahkan dengan satu unit dari dinas kehutanan Provinsi Sumbar yang ikut serta memadamkan api," kata dia.

Petugas, ia menjelaskan, kesulitan memadamkan api karena lokasi kebakaran terlalu tinggi sehingga susah memobilisasi personel, air, dan peralatan ke sana.

"Jangankan membawa selang ke atas, untuk membawa badan saja susah, karena kami melalui jalan yang bersemak-semak" ujar dia.

Menurut dia, pemadaman kebakaran di area itu membutuhkan waktu sekitar satu jam dan pendinginannya butuh waktu sekitar dua jam.
 
"Alhamdulillah api sudah bisa dipadamkan," katanya, menambahkan, penyebab kebakaran di Gunung Padang tersebut masih dalam penyelidikan.