DIRUT PERTAMINA SEBAGAI KOORDINATOR GUGUS TUGAS KEMITRAAN ANTI KORUPSI

id

     Jakarta, 5/2 (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menyambut baik terpilihnya Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Hernanto Soemarno sebagai Koordinator Pelaksana Tiga Pilar Kemitraan periode 2009 - 2010 mulai hari ini.

     Tiga Pilar Kemitraan adalah sebuah gugus tugas kemitraan yang dibentuk antara pihak Pemerintah yang diwakili Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Masyarakat yang diwakili beberapa LSM anti-korupsi seperti Masyarakat Transparansi Indonesia, Masyarakat Procurement Indonesia dan Partnership Indonesia, serta Dunia Bisnis yang diwakili Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

     Tiga Pilar Kemitraan dibentuk sejak Tahun 2003 dan mengemban tugas mulia dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari korupsi di tiga pilar kehidupan: Pemerintahan, Masyarakat dan Dunia Usaha.

     "Penunjukan Pak Ari sebagai Koordinator Pelaksana Tiga Pilar Kemitraan juga sekaligus bukti pengakuan Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha terhadap komitmen Pak Arie dan PT Pertamina (Persero) dalam melakukan perang terhadap korupsi," ujar Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero) Anang Rizkani Noor.

     Tugas Ari sebagai Koorodinator Pelaksana dalam peran tersebut antara lain, melakukan serangkaian kampanye dan sosialisasi anti-korupsi. Hal ini merupakan sesuatu yang sudah lama dilakukan Pak Arie di Pertamina.

     Dalam periode kepemimpinan Ari, Pertamina melakukan sejumlah program anti-korupsi yang dikenal dengan nama Pertamina Clean. Komitmen memerangi korupsi di tubuh Pertamina diformalkan dengan pernyataan tertulis dan penandatanganan Pakta Integritas oleh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris. Program Pertamina Clean juga merupakan bagian dari usaha Pertamina untuk melaksanakan praktek-praktek Good Corporate Governance.

     Usaha ini sudah mulai menampakkan hasil dengan didapatkannya peringkat "Cukup Terpercaya" dalam Good Corporate Governance Perception Index 2007 yang baru-baru ini diumumkan oleh penyelenggaranya, Indonesian Institute for Good Corporate Governance. Keseluruhan program ini merupakan bagian integral dari proses transformasi Pertamina untuk membawa Pertamina menjadi perusahaan minyak dan gas bumi berkelas dunia.

     Untuk keterangan tambahan bisa menghubungi Anang Rizkani Noor, Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero), Email: Anang.Noor@pertamina.com.(*)