Arsenal lolos 32 besar juara Grup F didampingi Frankfurt

id arsenal,frankfurt,liga europa,grup liga europa,standard liege,vitoria guimaraes

Arsenal lolos 32 besar juara Grup F didampingi Frankfurt

Penyerang sayap Arsenal Bukayo Saka (kiri) melakukan selebrasi bersama Alexandre Lacazette usai mencetak gol ke gawang Standard Liege dalam laga pemungkas Grup F Liga Europa di Stadion Maurice Dufrasne, Liege, Belgia, Kamis (12/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/John Thys)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal lolos ke babak 32 besar Liga Europa sebagai juara Grup F didampingi wakil Jerman Eintracht Frankfurt meski kedua tim gagal memetik kemenangan di laga pemungkas masing-masing pada Jumat dini hari WIB.

Bertandang ke markas Standard Liege di Belgia, Arsenal memaksakan hasil imbang 2-2 setelah sempat tertinggal dua gol dari tuan rumah.

Sementara itu di pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, Frankfurt gagal mempertahankan keunggulan dan menelan kekalahan 2-3 dari tamunya Vitoria Guimaraes di Jerman.

Kendati sama-sama gagal meraih tiga poin penuh, Arsenal dan Frankfurt tetap lolos ke babak 32 besar.

Arsenal finis di puncak klasemen Grup F dengan raihan 11 poin, diikuti Frankfurt (9) di urutan kedua. Standard (8) tertahan di peringkat ketiga, sedangkan Vitoria (5) tak bisa beranjak dari dasar klasemen meski menang di laga pemungkas.

Arsenal dan Frankfurt akan mengetahui lawan mereka di babak 32 besar, termasuk di antaranya empat dari delapan tim yang lungsur dari Liga Champions, dalam pengundian yang digelar di markas UEFA di Swiss pada 16 Desember.

Berikut ringkasan singkat pertandingan pemungkas Grup F:

Selanjutnya: Standard vs Arsenal
Gelandang Arsenal Reiss Nelson (kiri) berebut bola dengan pemain Standard Liege Samuel Bastien dalam laga pemungkas Grup F Liga Europa di Stadion Maurice Dufrasne, Liege, Belgia, Kamis (12/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/John Thys)

Standard Liege 2 - Arsenal 2

Bertandang ke Stadion Maurice Dufrasne di Liege, Belgia, tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-47 lewat tembakan Samuel Bastien yang mengecoh kiper Emiliano Martinez setelah bolanya sempat berbelok terkena lengan Sokratis Papstathopoulos.

Keunggulan Standard berganda pada menit ke-69 memanfaatkan blunder Joe Willock yang melakukan kesalahan umpan. Bola direbut Selim Amallah yang mengecoh Matteo Guendouzi sebelum melepaskan tembakan ke gawang tim tamu.

Unggul 2-0 memang belum cukup bagi Standard untuk lolos sebab di laga pertama mereka kalah 0-4 dari Arsenal, sehingga mereka berusaha menyerang tamunya lagi.

Namun, yang terjadi justru gawang tuan rumah dijebol dua kali beruntun dalam kurun waktu empat menit saja oleh Arsenal. Bukayo Saka mengirimkan umpan silang terukur yang ditanduk Alexandre Lacazette pada menit ke-78 untuk memperkecil ketertinggalan Arsenal 1-2.

Tiga menit berselang Saka sendiri yang menjebol gawang Standard setelah pergerakannya tak mampu ditutup oleh pertahanan tuan rumah dan melepaskan tembakan mendatar dari tepian kotak penalti.

Skor 2-2 bertahan hingga laga usai dan itu cukup untuk membuat Arsenal bercokol di puncak sebab di pertandingan lain Frankfurt malah dipecundangi tamunya Vitoria.

Selanjutnya: Frankfurt vs Vitoria dan Klasemen

Eintracht Frankfurt 2 - Vitoria Guimaraes 3

Di Stadion Commerzbank Arena, publik tuan rumah Frankfurt dikejutkan saat gawang mereka dijebol oleh Rochina yang membawa Vitoria unggul saat laga baru berjalan delapan menit.

Frankfurt berbalik unggul 2-1 berkat gol bunuh diri Miguel Silva pada menit ke-31 yang disusul sontekan jarak dekat Daichi Kamada tujuh menit berselang.

Frankfurt sepertinya akan mengantongi tiga poin dan mengunci posisi puncak, namun mereka lengah dang gawang mereka dibobol dua kali dalam kurun waktu tiga menit.

Al Musrati terlebih dulu menyamakan kedudukan pada menit ke-85 memanfaatkan situasi sepak pojok, lantas dua menit berselang tembakan jarak jauh Marcus Edwards tak mampu diantisipasi kiper Frederik Ronnow, membuat Vitoria berbalik unggul 3-2.

Frankfurt berusaha bangkit namun waktu tersisa terlalu singkat dan mereka harus rela menutup fase penyisihan grup dengan kekalahan, meski tetap meraih satu tiket ke babak 32 besar mendampingi Arsenal.



Klasemen akhir Grup F