Arsenal kembali ke-10 besar klasemen usai kemenangan perdana Arteta

id hasil liga inggris,klasemen liga inggris,liga inggris,arsenal,manchester united,chelsea,tottenham,southampton,brighton,w

Arsenal kembali ke-10 besar klasemen usai kemenangan perdana Arteta

Manajer Arsenal Mikel Arteta (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama para pemain usai menang atas Manchester United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/REUTERS/John Sibley)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal kembali ke 10 besar klasemen Liga Inggris seusai memetik kemenangan perdana di bawah Mikel Arteta.

Kemenangan itu tiba melawan salah satu seteru di era Liga Premier, Manchester United, saat The Gunners membungkam tamunya tersebut dengan skor 2-0 di Emirates, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Tambahan tiga poin membuat Arsenal kini sudah mengumpulkan 27 poin dan kembali ke peringkat ke-10. Sedangkan MU (31) yang masih menduduki urutan kelima membuang kesempatan untuk mendekati Chelsea (36) yang ditahan imbang Brighton & Hove Albion dalam laga lebih awal.

Kegagalan serupa juga dialami oleh Tottenham Hotspur yang kalah 0-1 dalam lawatan ke markas Southampton. Tottenham tertahan di urutan keenam dengan koleksi 30 poin, terpaut enam poin dari zona Liga Champions, sedangkan Southampton (25) merangsek naik ke posisi12.

Kemenangan perdana juga dirasakan oleh West Ham United yang baru berganti manajer dengan mempekerjakan kembali David Moyes. Tak tanggung-tanggung, The Hammers memukul Bournemouth empat gol tanpa balas.

West Ham kini naik ke urutan 16 dengan raihan 22 poin, sembari membuat Bournemouth (20) terperosok ke zona degradasi.

Turunnya Bournemouth ke zona degradasi tidak lepas dari kemenangan yang diraih Aston Villa (21) dengan skor 2-1 atas Burnley (24) dalam laga lain yang berlangsung lebih awal. Villa kini duduk di posisi ke-17.

Sementara itu Watford melanjutkan tren positif mereka dengan membekuk Wolverhampton 2-1. Kemenangan ketiga dalam empat pertandingan itu belum cukup untuk mengentaskan Watford dari zona degradasi, tetapi tim besutan Nigel Pearson itu kini mengoleksi 19 poin dan hanya berjarak dua poin dari posisi aman.

Keunggulan Liverpool sementara terpangkas

Di papan atas klasemen, Leicester City menang 3-0 atas Newcastle United dan Manchester City mengalahkan Everton 2-1 demi menghentikan bulan madu Carlo Ancelotti.

Kemenangan kedua tim itu untuk sementara memangkas keunggulan Liverpool yang bercokol di puncak. Leicester yang punya 45 poin kini "hanya" tertinggal 10 poin, diikuti Man City (44) yang ada di posisi ketiga.

Pun demikian, Liverpool masih berpeluang merestorasi keunggulan 13 poin ketika menjamu Sheffield United di Anfield pada Kamis setempat (Jumat dini hari WIB).

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-21 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Rabu (1/1) malam s.d. Kamis (2/1) dini hari

Brighton & Hove Albion 1 - Chelsea 1 (Alireza Jahanbakhsh 84'; Cesar Azpilicueta 10')

Burnley 1 - Aston Villa 2 (Chris Wood 80'; Wesley 27', Jack Grealish 41')

Newcastle United 0 - Leicester City 3 (Ayoze Perez 36', James Maddison 39', Hamza Choudhury 87')
Southampton 1 - Tottenham Hotspur 0 (Danny Ings 17')

Watford 2 - Wolverhampton 1 (Gerard Deulofeu 30', Abdoulaye Doucoure 49'; Pedro Neto 60')
Manchester City 2 - Everton 1 (Gabriel Jesus 51', 58'; RIcharlison 71')

Norwich City 1 - Crystal Palace 1 (Todd Cantwell 4'; Connor Wickham 85')
West Ham United 4 - Bournemouth 0 (Mark Noble 17', p-35', Sebastien Haller 25', Felipe Anderson 66')
Arsenal 2 - Manchester United 0 (Nicolas Pepe 8', Sokratis Papastathopoulos 42')

Jumat (3/1) dini hari
03.00 Liverpool vs Sheffield United

Klasemen Liga Inggris