Gol Reiss Nelson jadi pembeda Arsenal atas Leeds United

id arsenal,leeds,piala fa,reiss nelson

Gol Reiss Nelson jadi pembeda Arsenal atas Leeds United

Bek sayap Reiss Nelson (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Emirates, London, Inggris, Senin (6/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Eddie Keogh)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol tunggal yang dicetak bek sayap muda Reiss Nelson jadi pembeda bagi Arsenal yang menang 1-0 atas Leeds United dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Emirates, London, Senin setempat (Selasa WIB).

Gol itu tercipta pada menit ke-55 setelah umpan tarik Alexandre Lacazette membentur Kalvin Phillips dan bola jatuh di hadapan Nelson yang menyonteknya dengan tenang di hadapan gawang.

Gol Nelson sekaligus memastikan langkah Arsenal ke putaran keempat Piala FA, di mana mereka akan menghadapi sesama tim Liga Premier lainnya Bournemouth sesuai hasil undian yang digelar sebelum pertandingan dimulai di Emirates.

Pertandingan berlangsung terbuka dan Leeds mengambil inisiatif serangan untuk menguasai permainan 20 menit awal, tetapi tembakan keras Mateusz Klich masih bisa ditinju kiper Emiliano Martinez dan sepakan Patrick Bamford ditolak mistar gawang.

Lantas pada menit ke-21 Martinez kembali bereaksi sigap untuk menghalau sundulan tipis Ben White menyambut tendangan bebas Kalvin Phillips.

Arsenal berusaha keluar dari tekanan dan memperoleh dua peluang dari Alexandre Lacazette dan David Luiz tetapi keduanya masih melenceng dari sasaran.

Leeds kembali mengancam gawang Arsenal, tetapi lagi-lagi Martinez melakukan penyelamatan gemilang demi menghalau tandukan jarak dekat Ezgjan Alioski pada menit ke-33. Kemudian pada menit ke-40 Klich mengirim umpan tarik matang ke muka gawang, tetapi penyelesaian Robbie Gotts melambung dari sasaran.

Memasuki babak kedua, Arsenal berusaha mengambil alih kendali permainan sepenuhnya tetapi peluang awal mereka lewat tendangan bebas Lacazette masih membentur mistar gawang.

Lima menit kemudian, kebuntuan akhirnya dipecahkan oleh Arsenal ketika umpan tarik Lacazette membentur Phillips dan bola jatuh di hadapan Nelson yang dengan tenang menyonteknya ke dalam gawang dari jarak dekat.

Gol itu memindahkan sepenuhnya kendali permainan ke tangan Arsenal yang memperoleh dua peluang melalui Gabriel Martinelli untuk menambah keunggulan, tetapi tembakan pertamanya dihalau White sedangkan sepak kerasnya masih bisa dihentikan kiper Illan Meslier.

Skor 1-0 bertahan hingga peluit tanda laga usai ditiup wasit Anthony Taylor.

Susunan pemain:

Arsenal (3-4-1-2): Emiliano Martinez; David Luiz, Sokratis Papastathopoulos, Rob Holding; Reiss Nelson (Gabriel Martinelli), Granit Xhaka, Matteo Guendouzi, Sead Kolasinac; Mesut Ozil (Joe Willock); Nicolas Pepe (Bukayo Saka), Alexandre Lacazette
Pelatih: Mikel Arteta

Leeds United (4-5-1): Illan Meslier; Luke Ayling (Jordan Stevens), Gaetano Berardi, Ben White, Barry Douglas; Kalvin Philipps; Ezgjan Alioski (Helder Costa), Robbie Gotts (Stuart Dallas), Mateusz Klich, Jack Harrison; Patrick Bamford
Pelatih: Marcelo Bielsa