Sadio Mane meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019

id Pemain terbaik Afrika,Sadio Mane

Sadio Mane meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019

Pemain Senegal Sadio Mane (kedua dari kanan) berpose dengan mantan pemain Kamerun Samuel Eto'o (paling kanan) setelah menerima penghargaan Pemain Terbaik Afrika pada acara pemberian penghargaan di Hurghada, Mesir, Selasa (7/1/2020). (ANTARA/REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH)

Jakarta (ANTARA) - Sadio Mane mengungguli rekan setimnya di Liverpool Mohamed Salah dan pemain Manchester City Riyad Mahrez, untuk memenangi penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2019, pada acara yang berlangsung di Hurghada, Mesir, Selasa setempat.

Mane tampil gemilang saat Liverpool mengakhiri puasa gelarnya di Liga Champions dengan menjadi juara pada musim 2018/2019. Ia juga membawa Senegal mencapai final Piala Afrika 2019 sebelum dikalahkan Aljazair.

Pemain internasional Senegal itu selalu masuk dalam daftar tiga besar kandidat peraih penghargaan tersebut dalam tiga tahun terakhir. Ia menduduki peringkat kedua pada 2017 dan 2018, serta berada di peringkat ketiga pada 2016.

Mane menjadi pesepak bola Senegal kedua yang memenangi penghargaan ini, setelah sebelumnya El Hadji Diouf menjadi pemenang pada 2001 dan 2002.

"Sepak bola merupakan pekerjaan saya. Saya benar-benar bergembira dan bangga untuk dapat memenangi penghargaan ini," kata Mane seperti dilansir Reuters.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua rakyat Senegal, mereka selalu mendorong saya. Saya juga harus berterima kasih kepada pelatih (Senegal) saya, Aliou Cisse dan Liverpool, semua rekan setim di sana," tambahnya.

Ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut di mana tiga kandidat pemenang teratas berasal dari kompetisi Liga Inggris. Pada tahun ini pula untuk ketiga kalinya terjadi ketiga kandidat berasal dari liga yang sama.

Pada 1991, ketiga kandidat berasal dari klub-klub Prancis.

Daftar pemenang penghargaan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF):

Pesepak bola putra Afrika terbaik: Sadio Mane (Liverpool/Senegal)
Pesepak bola putri Afrika terbaik: Asisat Oshoala (FC Barcelona Femeni/Nigeria)
Presiden klub Afrika terbaik: Moise Katumbi (TP Mazembe)
Federasi Sepak Bola Afrika Terbaik: Mesir
Pelatih tim putra Afrika terbaik: Djamel Belmadi (timnas Aljazair)
Pelatih tim putri Afrika terbaik: Desiree Ellis (timnas Afrika Selatan)
Tim 11 terbaik: Andrey Onana (Kamerun), Serge Aurier (Pantai Gading), Joel Matip (Kamerun), Kalidou Koulibaly (Senegal), Achraf Hakimi (Maroko), Idrissa Gueye (Senegal), Riyad Mahrez (Aljazair), Hakim Ziyech (Maroko), Mohamed Salah (Mesir), Pierre Emerick Aubameyang (Gabon), Sadio Mane (Senegal)
Penghargaan khusus: Kodkovi Obilale (Togo)
Gol terbaik: Riyad Mahrez (Aljazair vs Nigeria)
Tim putra terbaik: Aljazair
Tim putri terbaik: Kamerun
Pemain muda Afrika terbaik: Achraf Hakimi (Maroko)
Pemain inter klub Afrika terbaik: Tarek Hamed (Mesir/Zamalek)