PKS belum memfinalkan calon kepala daerah di lima daerah NTB

id PKS,PKS NTB,Pilkada 2020,Pilkada Serentak

PKS belum memfinalkan calon kepala daerah di lima daerah NTB

Ketua DPW PKS Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Abdul Hadi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Ketua DPW PKS Nusa Tenggara Barat H. Abdul Hadi mengaku, sebanyak lima daerah dari tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020, belum memfinalkan arah dukungan mereka pada siapa pasangan bakal calon yang nantinya diusung.

"Lima DPC PKS yang belum memfinalkan dukungan mereka pada calon bupati dan wakil bupati itu, seperti Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Lombok Tengah, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima," terangnya di Mataram, Rabu.

Sedangkan, untuk Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), kata Hadi sudah diserahkan DPW PKS NTB ke DPP. 

Wakil Ketua DPRD NTB itu menjelaskan, mekanisme pengusungan calon kepala daerah dari partainya tetap mengacu pada proses yang berasal dari bawah, yakni DPC setempat. 

Karena itu, jika belum klear prosesnya secara administratif di level DPC, maka DPW tidak akan bisa memprosesnya ke DPP. 

"Jadi, yang lima daerah itu masih berproses di DPC nya. Kalau kita di DPW selalu menerima dalam salinan berita acara yang di ajukan secara resmi. Yakni, biasanya ada 2 pasangan calon yang diajukan," jelasnya.

Terkait status dua orang figur yang akan maju dari koalisi PKS dan PDIP, yakni Dewi Noviany yang tidak lain merupakan adik kandung Gubernur NTB dan TGH Abdul Manan yang kini menjabat Ketua MUI Mataram. Hadi, menjelaskan keduanya selama ini bukan merupakan kader PKS namun merupakan simpatisan partainya. 

"Tapi kalau dicalonkan dan direstui oleh DPP, tentunya keduanya akan menjadi kader dan ber-KTA PKS. Pokoknya, kita tunggu saja proses yang masih berjalan di internal partai terkait kedua figur ini," katanya.