Gempa bumi bermagnitudo 3,2 guncang Lombok Timur

id Gempa bumi,Lombok Timur,BMKG,gempa

Gempa bumi bermagnitudo 3,2 guncang Lombok Timur

Peta seismisitas Indonesia selama Januari 2020 (ANTARA/HO-BMKG)

Mataram (ANTARA) - Gempa bumi bermagnitudo 3,2 mengguncang Lombok Timur yang bisa dirasakan wilayah tersebut dengan skala III MMI pada Sabtu (1/2) pukul 11:33:49 WIB.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat atau 23 kilometer Barat Laut Lombok Timur dengan kedalaman 8 kilometer.

Sebelumnya, BMKG menyebutkan pergeseran zona aktif atau kluster-kluster aktivitas gempa kecil merupakan hal wajar karena wilayah Indonesia memiliki sumber gempa yang banyak.

"Pergeseran zona aktif dari waktu ke waktu adalah dinamika aktivitas gempa tektonik di Indonesia. Ini wajar karena wilayah kita memiliki sumber gempa yang banyak," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono yang dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Ia mencontohkan, kluster aktivitas gempa-gempa kecil atau zona aktif yang ada pada Januari 2020 bisa jadi masih ada hingga Februari, tetapi bisa jadi ada kluster yang berubah tidak aktif atau bergeser ke zona lain.

Adapun klaster gempa kecil pada Januari 2020 ada delapan yaitu tampak pertama ada di Nias, Simeulue, kedua ada di Bengkulu dan Jawa Barat, ketiga di Bali, Lombok, Sumba, keempat di Gorontalo, kelima di Laut Maluku, keenam di Ambon, ketujuh di Banda dan kedelapan di Mamberamo Papua.

"Dari klaster aktivitas gempa ini kita dapat mengetahui adanya zona aktif yang masih bertahan seperti yang ada di Lombok, Ambon, dan Mamberamo namun demikian ada zona aktif yang cepat berakhir tanpa terjadi gempa kuat," katanya.

BMKG mencatat pada Januari 2020 terjadi sebanyak 518 kali gempa, jumlah mengalami penurunan dibandingkan dengan Desember 2019 yang terjadi sebanyak 691 kali. Aktivitas kegempaan tersebut di kondisi normal di mana rata-rata dalam sebulan terjadi gempa sekitar 500 kali.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar