Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan terus memperkuat jaringan data berkualitas di luar Jawa sebagai langkah strategis untuk memperkokoh fondasi bisnis di masa depan dan merupakan strategi bisnis menghadapi persainagn sesama operator yang kian ketat.

"Setelah masa-masa tensi politik meninggi usai pemilihan calon presiden berlalu, maka seluruh operator telekomunikasi berlomba untuk mebnciptakan inovasi untuk menarik pelanggan, tak terkecuali kami," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini kepada pers saat pemaparan terkini semester II perusahaan itu di Jakarta, Kamis.

Dikatakan, infrastruktur jaringan data yang kuat di luar Jawa akan mampu meningkatkan kualitas layanan sekaligus menopang perusahaan dalam memperbesar pangsa pasar. Selanjutnya, XL Axiata juga akan terus memaksimalkan manfaat produk layanan data melalui penerapan strategi dual brand.

Baca juga: XL Axiata terus kembangkan fitur baru aplikasi laut nusantara

Dian mengatakan, perusahaan akan terus menjalankan strategi dengan terus melakukan pengembangan dan perluasan infrastruktur jaringan khususnya di luar Jawa, serta melanjutkan strategi dual brand yang terbukti telah mampu memberikan hasil yang sangat bagus bagi perusahaan dalam tiga tahun terakhir.

"Hingga saat ini kami sudah sesuai rencana dan berada di jalur yang kami rencanakan. Terbukti mampu membuahkan kinerja yang diharapkan. Kami yakin, tren pertumbuhan yang kami raih sepanjang semester pertama 2019 akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2019 nanti," katanya.

Ditambahkan, hingga memasuki semester kedua 2019, 60 persen Capex tahun ini telah terserap, yang sebagian besar di antaranya untuk melanjutkan perluasan jaringan data di banyak area luar Jawa yang mengalami peningkatan trafik data secara signifikan.

Baca juga: XL Axiata uji coba teknologi 5G dan gencarkan fiberisasi jaringan

Fokus pada perluasan jangkauan di luar Jawa ini telah memberikan hasil yang sepadan, trafik dari luar Jawa telah meningkat pesat dan mendorong pertumbuhan pendapatan.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, mengatakan disepanjang semester pertama 2019, perusahaan telah menyelesaikan 90 persen dari target pembangunan jaringan dengan sekitar 19.000 BTS baru, sebagian besar berada di luar Jawa.

Kini layanan 4G tersedia di sekitar 292 kota/kabupaten di luar Jawa dengan lebih dari 14.000 BTS 4G di luar Jawa, dari total 408 kota/kabupaten seluruh wilayah di Indonesia yang ditopang lebih dari 37.000 BTS 4G.

"XL Axiata berharap hingga akhir 2019 nanti akan mampu memberikan layanan 4G ke total sekitar 440 kota/kabupaten dan jumlah total jumlah BTS mencapai lebih dari 135.000 unit. Dengan demikian, layanan XL Axiata akan mencapai sekitar 95 persen dari populasi Indonesia," kata Yessie.

Selain itu, XL Axiata juga gencar melaksanakan fiberisasi jaringan baik di Jawa maupun luar Jawa. Fiberisasi akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan transport hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan transport bukan fiber. Berdasarkan trend kenaikan trafik data XL Axiata dalam dua tahun terakhir, kenaikan di Jawa sudah lebih dari 5 kali lipat dan di wilayah luar Jawa rata-rata 3 kali lipat.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019