UU Otonomi Daerah dan UU Otsus Papua sudah diberikan namun memang belum mencapai hasil maksimal, ujarnya
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah mengambil langkah-langkah penyelesaian persoalan di Papua dan Papua Barat harus lebih progresif dan permanen agar tidak ada gejolak yang sifatnya tahunan dan berulang setiap tahun.

"Kalau kemarin kita lihat sifatnya tahunan itu karena ada sidang PBB, sidang HAM, jadi sengaja agar ada respons dari sidang keamanan PBB," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia menilai pendekatan yang dilakukan pemerintah sudah baik, yaitu dengan pendekatan kesejahteraan dan pendekatan tanpa perbedaan.

Baca juga: Papua Terkini- Presiden Jokowi terima tokoh Papua di Istana

Baca juga: Papua Terkini- Jokowi janjikan 1.000 sarjana Papua bekerja di BUMN

Baca juga: Papua Terkini- Jokowi: Istana Presiden di Papua dibangun tahun depan


Bamsoet menekankan bahwa Papua dan Papua Barat adalah bagian dari Indonesia maka harus memperlakukannya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

"UU Otonomi Daerah dan UU Otsus Papua sudah diberikan namun memang belum mencapai hasil maksimal," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu menilai, meningkatkan kesejahteraan rakyat harus ada pemikiran-pemikiran yang menyentuh hati dan budaya masyarakat.

Karena itu, dia menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya yang mengadakan banyak pertemuan dengan tokoh adat dan masyarakat Papua-Papua Barat.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019