Hampir semua cabor mendukung agar PB Djarum tetap melakukan audisi
Jakarta (ANTARA) - Forum komunikasi pengurus pusat/pengurus besar cabang olahraga menyatakan solidaritas mereka kepada PB Djarum untuk meneruskan audisi umum bulu tangkis yang terbukti menciptakan atlet-atlet terbaik Tanah Air.

"Kami menyatakan sikap, bersolidaritas apa yang dialami PB Djarum dan PBSI. Kami menyatakan sikap semuanya cabang olahraga di Indonesia mendukung usaha dan upaya yang dilakukan PB Djarum dalam rangka merekrut atlet-atlet usia dini khususnya bulu tangkis," kata Sekjen ISSI, perwakilan anggota forum, Jadi Rajagukguk di Jakarta, Kamis.

Jadi menilai ada kesalahan persepsi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  mengenai maksud eksploitasi anak untuk kebutuhan promosi terselubung.

PB Djarum berada di bawah Djarum Foundantion untuk memajukan bangsa dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang berbeda dari Djarum sebagai perusahaan rokok.

Salah satu program Djarum Foundantion adalah beasiswa audisi bulu tangkis yang sejumlah hasil didikannya telah mengharumkan nama Indonesia, antara lain Alan Budikusuma (peraih emas Olimpiade 1992) dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (peraih emas Olimpiade 2016).

Kemudian, Mohammad Ahsan (tiga medali emas Kejuaraan Dunia), Kevin Sanjaya Sukamuljo (juara All England Open 2017) dan Praveen Jordan (juara All England Open 2014).

"Buat kami hampir sama ini bukan persoalan PB Djarum tapi persoalan atlet prestasi Indonesia," kata dia.

Baca juga: KPAI dan PB Djarum sepakat akhiri polemik audisi bulu tangkis

Menurut dia, yang paling penting adalah putusnya sponsorship yang menjadi masalah utama cabang-cabang lain di Indonesia yang dihadapkan pada terbatasnya anggaran sehingga sulit terus mengembangkan atlet.

Sementara bulu tangkis yang sejak 1969 mendapat suntikan dana PB Djarum sebagai payung organisasi, berhasil menciptakan atlet-atlet kebanggaan Indonesia.

"Karena memang ini persoalan pendanaan juga, hampir semua cabor. Karena negara tidak cukup juga pendanaan untuk pembinaan atletnya sehingga cabang-cabang olahraga mencari sponsor-sponsor," kata dia.

Dalam waktu dekat, forum komunikasi cabor itu akan bertemu dengan Kemenpora, Kemenkumham, KOI, KONI, dan KPAI untuk membahas kelanjutan program beasiswa Djarum Foundantion.

"Semuanya cabor mendukung. Mereka menyatakan sikap sama seperti kita. Persoalan sama semuanya. Hampir semua cabor mendukung agar PB Djarum tetap melakukan audisi," kata dia.

Cabor-cabor yang mendukung PB Djarum tetap menggelar audisi adalah Jetski Indonesia, Ikatan Sport Sepeda Indonesia, PBSI, Taekwondo, PTMSI, dan PB Persambi.

Baca juga: Moeldoko nilai tak ada eksploitasi anak dalam audisi Djarum

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019