896 karya vlog ikuti kompetisi 'bela negara masa kini'

id vloger,youtuber,blogger,bela negara masa kini,bela negara,bela negara medsos

Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan (kiri) ketika memberikan kenang-kenangan kepada Ketua Satuan Tugas Bela Negara Dewan Ketahanan Nasional, Toto Iswanto dalam cara pengumuman pemenang lomba Bela Negara Masa Kini. (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Sebanyak 896 karya vlog milenial mengikuti kompetisi vlog "Bela Negara Masa Kini" yang digelar oleh Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI dengan tujuan dapat menambah rasa nasionalisme.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menyebarkan kepada masyarakat konten-konten yang mengangkat bentuk-bentuk bela negara masa kini yang diimplementasikan dalam karya masing-masing," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan di Depok, Senin.

Bambang mengatakan pengirim video vlog ini ternyata tidak hanya dari kalangan milenial saja, akan tetapi dari berbagai kalangan usia bahkan ada juga ibu rumah tangga.

Yang terpenting katanya masyarakat harus bijak dalam menggunakan gawai dan media sosial. "Yang smart jangan cuma HP nya saja, smartphone, tapi penggunanya harus smart," tutur Bambang.

Sementara itu Ketua Satuan Tugas Bela Negara Dewan Ketahanan Nasional, Toto Iswanto menyatakan kegiatan tersebut adalah hal yang baik dan harus disampaikan kepada masyarakat luas.

"Karena ini adalah upaya menyebarkan rasa cinta kepada negara melalui wujud Bela Negara yang kekinian," katanya.

Kompetisi vlog diharapkan menumbuhkan kecintaan dan merangsang aksi nyata dalam membela negara, dalam menghadapi tantangan bernegara saat ini.

"Bela Negara saat ini tidak hanya dengan berperang, akan tetapi melalui berbagai profesi dan kegiatan kemasyarakatan," ujar Toto.

Pengumpulan 896 vlog dimulai sejak tanggal 10 hingga 31 Agustus 2019 dan dilakukan penilaian oleh tim juri yang terdiri dari Hulman Napitupulu dari Wantanas, Gun gun Siswadi selaku pakar komunikasi dan Dennis Adishwara selaku penggiat sosial media dan juga sutradara dan aktor.

Dalam ajang kompetisi Bela Negara Masa Kini tersebut juara 1 diraih oleh Daiva Haryanto, berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp25 juta.

Juara 2, Diego Armando Takaredase, dengan hadiah Rp15 juta, juara 3, Subiyanto dengan hadiah sebesar Rp10 juta. Di samping itu, terdapat pula 15 peserta lainnya yang meraih kategori hadiah hiburan dengan hadiah uang sebesar Rp500 ribu.

Rangkaian kegiatan Lomba Vlog yang ditutup dengan kegiatan Temu Netizen Bela Negara ini menghadirkan talk show interaktif bersama 100 peserta dari kalangan netizen termasuk vlogger, blogger, dan youtuber.

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar