Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019 agar berjalan lancar.

"Kami sangat 'concern' dan mengimbau kepada masyarakat bahwa ini merupakan hasil konstitusi dan tidak ada hal yang perlu diragukan. Kami berharap publik menyukseskan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024," kata Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto dalam Literasi Politik II bertema "Proyeksi Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin", di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Masyarakat diminta kawal pelantikan presiden

Pemuda Muhammadiyah pun akan mendukung apapun kebijakan pemerintahan Jokowi. Asalkan, kebijakan yang dikeluarkan merupakan kebijakan yang baik untuk kepentingan rakyat.

"Kita dukung kebijakan-kebijakan yang baik dan kita kritisi kebijakan yang keluar dari koridor dan tidak diinginkan oleh publik. Saya berharap pelantikan berjalan lancar. Ini adalah momentum besar. Semua jalur hukum sudah dilakukan," kata Sunanto.

Baca juga: TNI-Polri ajak masyarakat jaga kondusifitas jelang pelantikan presiden

Sementara itu, pengamat hukum Bambang Saputra meminta masyarakat untuk mengawal pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019 di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

"Kehadiran pemimpin dalam sebuah negara adalah sangat penting, yakni agar negara ini tetap berdaulat," kata Bambang, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pelantikan presiden, BEM Nusantara serukan tercipta situasi kondusif

Menurut dia, sejarah telah membuktikan bahwa sedemikian penting dan berartinya kehadiran seorang pemimpin.

"Apalagi dalam Indonesia hari ini, pak Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin adalah pemimpin yang dipilih rakyat secara langsung dan sah secara konstitusi," kata Bambang.

Baca juga: HMI kawal pelantikan presiden agar berjalan lancar

Oleh karena itu, dirinya mengajak agar seluruh elemen masyarakat bersama-sama mengawal jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden agar berlangsung sukses.

"Kita semua sebagai anak bangsa harus menghargai jalannya demokrasi yang konstitusional itu," tutur Bambang.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019