Telah dilakukan rapat koordinasi oleh kami dan instansi terkait, hasil koordinasi disepakati untuk melaksanakan pemulangan para pengungsi,
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Para pengungsi yang menjadi korban bencana angin kencang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, mulai dipulangkan pada Selasa (22/10) dikarenakan situasi pada daerah terdampak sudah kondusif.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim di Batu, Selasa, mengatakan bahwa, keputusan untuk pemulangan para pengungsi tersebut diambil setelah kondisi terakhir di daerah terdampak angin kencang sudah kondusif.

"Telah dilakukan rapat koordinasi oleh kami dan instansi terkait, hasil koordinasi disepakati untuk melaksanakan pemulangan para pengungsi," kata Rochim.

Baca juga: BPBD Kota Batu lakukan pendataan korban angin kencang

Selain adanya rapat koordinasi bersama para pemangku kepentingan di wilayah Kota Batu, kebanyakan para pengungsi juga meminta untuk segera dipulangkan. Hal tersebut dikarenakan kondisi di Desa Sumber Brantas, sudah aman dan kondusif.

Berdasarkan informasi terakhir, jumlah pengungsi yang masih ada di posko pengungsian berjumlah 668 pengungsi, berasal dari tiga desa yakni Desa Sumber Brantas, Desa Gunung Sari, dan Desa Sumbergondo.

Dari total tersebut, para pengungsi terbagi di lima titik yakni rumah dinas Wali Kota Batu, Balai Desa Tulungrejo, Balai Desa Sidomulyo, Balai Desa Punten, dan Balai Desa Sumbergondo.

Rochim menambahkan, saat ini kondisi jalan raya sudah bersih dari material pohon tumbang, kondisi jaringan listrik sudah mulai pulih, termasuk jaringan komunikasi. Sementara kebutuhan air bersih juga sudah disiapkan.

Baca juga: Khofifah pastikan kebutuhan dasar pengungsi Kota Batu terpenuhi

"Diperkirakan besok kondisi jaringan listrik dan komunikasi pulih sepenuhnya. Tim kami sedang melakukan pendataan jumlah kerugian meterial dari dampak bencana angin kencang," kata Rochim.

Akibat angin kencang yang menerjang wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sejak Sabtu (19/10) tersebut, ribuan warga terpaksa harus diungsikan untuk alasan keselamatan.

Tercatat puncak jumlah pengungsi dari tiga desa tersebut mencapai 1.357 jiwa dan ditampung di tujuh posko pengungsian, dimana sebanyak 278 jiwa harus mendapatkan pelayanan kesehatan baik di posko pengungsian maupun rumah sakit.

Baca juga: Khofifah temui pengungsi korban angin kencang Kota Batu

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019