Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan angka tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Magelang, paling tidak menyamai tingkat konsumsi ikan nasional dan lebih hebat lagi dapat melebihi
Magelang (ANTARA) - Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, masih rendah, baru mencapai 19,05 kilogram per kapita per tahun atau masih di bawah tingkat konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah maupun nasional, kata Bupati Magelang Zaenal Arifin.

"Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk meningkatkan angka tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Magelang, paling tidak menyamai tingkat konsumsi ikan nasional dan lebih hebat lagi dapat melebihi," kata Zaenal di Magelang, Minggu.

Ia menyampaikan hal tersebut dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana pada Peringatan Hari Ikan Nasional 2019 di Lapangan drh Soepardi Kabupaten Magelang.

Tingkat konsumsi ikan Provinsi Jateng mencapai 31 kilogram per kapita per tahun, sedangkan tingkat konsumsi ikan nasional sebesar 50,54 kilogram per kapita per tahun.

Ia mengatakan ikan merupakan salah satu sumber pangan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan oleh para ahli gizi.

Baca juga: KKP optimistis capai target konsumsi ikan 54 kilogram/kapita

Zaenal menuturkan untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Magelang maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama generasi muda adalah suatu keharusan.

"Melalui gerakan masyarakat makan ikan diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan yang aman sehat bergizi dan melibatkan seluruh elemen bangsa," katanya.

Baca juga: Menteri Edhy Prabowo: Konsumsi ikan solusi cepat atasi "stunting"

Ia menuturkan pemenuhan ikan sebagai sumber protein hewan secara mandiri di wilayah Kabupaten Magelang mempunyai potensi yang cukup tinggi.

Potensi tersebut berupa luas kolam budidaya perikanan 273,2 hektare, mina padi seluas 2.807,8 hektare dan perairan umum seluas 479 hektare.

Ia menyebutkan dari potensi yang ada tersebut produksi perikanan budidaya tahun 2019 sebesar 21.068,46 ton dan perikanan tangkap 276,9 ton.

Baca juga: Konsumsi ikan agar anak tidur nyenyak dan IQ lebih tinggi

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019