Jakarta (ANTARA) - Pemenang Ballon d'Or putri, Megan Rapinoe meminta sejumlah bintang sepak bola untuk lebih terlibat untuk mengatasi isu-isu dalam olahraga tersebut, yang dilansir Marca pada Kamis (5/12).

Pemain timnas Amerika Serikat (AS) telah meminta Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Zlatan Ibrahimovic untuk menggunakan status mereka dan membantu menyelesaikan masalah-masalah dalam sepak bola.

Baca juga: Megan Rapinoe rebut Ballon d'Or putri

"Saya ingin berteriak: 'Cristiano (Ronaldo), Lionel (Messi), Zlatan (Ibrahimovic), tolong saya!'" ujar Rapinoe kepada France Football.

"Pemain-pemain besar ini tidak terlibat dalam apa pun ketika ada begitu banyak masalah dalam sepak bola pria. Apakah mereka takut kehilangan segalanya? Mereka percaya itu, tetapi itu tidak benar."

"Siapa yang akan menghapus Messi atau Ronaldo dari sejarah sepak bola dunia untuk sebuah pernyataan menentang rasialisme atau seksisme?" tambah juara Piala Dunia Putri 2019 itu.

Baca juga: Rapinoe sabet Sepatu Emas dan Bola Emas

Rapinoe dinobatkan sebagai pemain sepak bola putri terbaik 2019 pada Selasa dan ia mengungkapkan niatnya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk menyelesaikan isu-isu masyarakat.

"Ballon d'Or ini membuktikan dua sisi. Di satu sisi, saya adalah pemain sepak bola yang sangat baik," lanjutnya.

"Di sisi lain, tindakan saya di luar lapangan menarik dukungan karena orang-orang mengerti bahwa saya sedang berusaha mencari solusi untuk isu-isu masyarakat."

Baca juga: Megan Rapinoe membuat Donald Trump sakit hati

"Saya beruntung memiliki bakat untuk memimpin. Saya tidak takut dengan konsekuensinya, jadi saya mengatakan apa yang harus saya katakan."

"Saya lelah bepergian ke berbagai konferensi dan rapat, tetapi, bila itu dapat meningkatkan dunia kita, maka saya pasti berada di garis depan."(sumber Marca)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019