Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengharapkan korban bencana banjir bandang di Dusun Pangana Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, tidak mudah dan cepat putus asa.

"Musibah ini bisa menambah kekuatan bagi masyarakat untuk tidak menyerah, untuk tidak putus asa, dan tidak sedih," ucap Kepala BNPB  Doni Monardo, di Bolapapu Kecamatan Kulawi, Sabtu.

Dusun Pangana Desa Bolapapu di terjang banjir bandang disertai material lumpur, batu dan kayu pada Kamis 12/12 pukul 18. 14 Wita. Dua warga meninggal dunia dalam bencana alam tersebut. Satu dari dua korban itu adalah anak. Terdapat 57 rumah rusak terdiri dari 50 rumah rusak ringan dan tujuh rusak berat.

Baca juga: Korban banjir Kulawi-Sigi dibantu BNPB Rp500 juta
Baca juga: Tim ACT bantu korban banjir Sigi


Atas peristiwa itu, BNPB di pimpin Doni Monardo mewakili Pemerintah RI melakukan kunjungan kerja ke dua desa terdampak banjir di Sigi yakni Desa Bolapapu di Kecamatan Kulawi dan Desa Poi di Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi.
 
Kepala BNPB Doni Monardo, menyamlaikan arahan kepada korban bencana banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sabtu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Doni menyebut bahwa kunjungan kerja yang ia laksanakan untuk memastikan bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat.

Ia meminta para korban banjir bandang untuk tetap semangat dan bangkit dan tidak berlama-lama larut dalam kesedihan karena bencana.

"Harus bangkit, harus semangat, bersatu padu, untuk kembali pulih," kata Doni Monardo.

Baca juga: Korban banjir bandang Sigi diberi bantuan ratusan paket ACT Sulteng
Baca juga: Bantu korban banjir bandang Sigi, ratusan polisi diterjunkan


Doni mengatakan pemerintah turut berduka cita atas bencana yang menimpa warga Sigi tersebut.

"Doa kita panjatkan kepada dua orang korban jiwa, semoga mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan," ujar dia.

Di hadapan korban banjir bandang, Doni mengemukakan dirinya selaku Kepala BNPB melaksanakan perintah Presiden RI Joko Widodo dan melaksanakan perintah undang-undang, untuk selalu memberikan perhatian kepada masyarakat yang terdampak.
Kepala BNPB Doni Monardo, di dampingi Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulteng dan Sigi memberi arahan kepada korban bencana banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sabtu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)


"Dalam berbagai kesempatan, bapak Presiden selalu mengatakan lakukan upaya-upaya pencegahan, dalam hal yang berhubungan dengan kebencanaan," ujarnya.

Hal itu sejalan dengan pembukaan UUD 1945 bahwa negara harus hadir untuk melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia. Juga sesuai dengan kaidah global bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

Olehm karena itu, ia mengaku saat menerima berita banjir bandang Sigi di Kulawi, yang saat itu dirinya sedang berada di Sumatera Barat, dirinya langsung memutuskan untuk berangkat ke Sulteng.

"Seyogianya hari ini saya menghadiri acara hari nusantara di Pariaman. Karena itu kehadiran kami di sini untuk memastikan masyarakat mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujarnya.

Baca juga: TNI bangun dapur umum untuk korban banjir bandang Sigi
Baca juga: Kapolda Sulteng-Danrem turun bantu korban banjir bandang Sigi


 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019