Banjarbaru (ANTARA) - Polres Banjarbaru, Polda Kalimantan Selatan memastikan pelaksanaan Misa Natal pada 11 gereja yang ada di kota itu berlangsung lancar dan keamanan terjaga kondusif.

"Alhamdulillah laporan anggota yang berjaga di seluruh gereja di Kota Banjarbaru dari pagi tadi hingga siang ini, semuanya kondusif," terang Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono, Rabu (25/12).

Dia mengungkapkan, khusus untuk pengamanan Natal dikerahkan 121 personel Polres Banjarbaru dan jajaran Polsek.

Kemudian ditambah pasukan dari TNI Kodim 1006/Martapura yang bersiaga dari pengamanan di gereja hingga patroli bersama.

Sebelumnya Tim Gegana Satuan Brimob Polda Kalsel juga sudah melakukan sterilisasi untuk memastikan tidak ada bahan peledak dan barang berbahaya lainnya di area gereja.

Menurut Mujiono, kondisi kamtibmas yang aman ini patut disyukuri bersama. Apalagi dengan kekompakan dan sinergitas TNI dan Polri memberikan pengamanan.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat khususnya jemaat gereja yang telah mematuhi himbauan agar tidak membawa barang berlebihan ke gereja guna menghindari hal-hal tak diinginkan. Sehingga semuanya jadi sangat tertib dan lancar," tandasnya mewakili Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso.

Sementara Kapolsek Banjarbaru Barat AKP Andri Hutagalung mengatakan, di wilayahnya terhadap beberapa gereja yang menjadi fokus pengamanan.

Selain di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat "Effatha" Guntung Payung Jalan Ahmad Yani Km 31 yang dihadiri lebih dari 1.000 jemaat, Gereja Immanuel di Komplek Lanud Sjamsudin Noor juga memiliki banyak jemaat untuk mengikuti misa Natal.

"Semuanya berjalan lancar dan kondusif. Anggota kami berjaga hingga rangkaian misa berakhir besok hari," jelas Andri.

Baca juga: 500 personel dikerahkan amankan perayaan Natal di Palangka Raya

Baca juga: Tabuhan rebana santri iringi misa Natal di Gereja Katolik Mater Dei

Baca juga: Natal momentum umat Kristiani bangun persahabatan, pesan Uskup Kupang



 

Pewarta: Firman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019