Pasien yang dirujuk dari RS Ibnu Sina Kota Payakumbuh sudah dipulangkan pada Kamis, 20 Februari 2020,
Padang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat sudah memulangkan tiga pasien yang sebelumnya dicurigai terjangkit virus CIVID-19 dan dinyatakan negatif dari virus tersebut.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Gustavianof di Padang, Selasa, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium ketiga pasien tersebut dinyatakan negatif dari virus COVID-19.

Lebih lanjut ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan kedua pasien tersebut hanya demam biasa dan satu orang pasien lainnya yang merupakan rujukan dari Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Kota Payakumbuh mengalami asma.

Baca juga: Dinkes Sumsel nyatakan seorang pasien RSMH negatif COVID-19

Setelah dilakukan perawatan dan menjalani pemeriksaan medis ketiga pasien tersebut sudah dipulangkan ke rumah masing-masing, tambah dia.

"Pasien yang dirujuk dari RS Ibnu Sina Kota Payakumbuh sudah dipulangkan pada Kamis, 20 Februari 2020, sedangkan kedua pasien lainnya juga sudah dipulangkan sebelum itu," jelas dia.

Ia juga mengatakan sampai saat ini pasien di RSUP M Djamil Padang masih negatif dari virus COVID-19 atau belum ditemukan terjangkit virus COVID-19.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dengan isu virus COVID-19 dan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pemeriksaan.

Sebelumnya, RSUP M Djamil Padang, segera mengirimkan hasil pemeriksaan tiga orang pasien yang sebelumnya dicurigai terjangkit virus COVID-19 ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta.

Baca juga: Dua dari tiga pasien dalam pengawasan RSHS Bandung negatif COVID-19

"Kita sudah melakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap pasien. Setelah itu kita akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk mengetahui hasil pemeriksaan yang akan dikirim ke Badan Litbangkes di Jakarta," terang Gustavianof.

Ia menyebutkan pasien yang dicurigai terjangkit virus COVID-19 sampai saat ini yaitu berjumlah tiga orang merupakan warga Sumatera Barat (Sumbar) yang baru saja pulang dari Malaysia dan umrah.

"Yaitu pasien perempuan pulang dari Malaysia dan dua pasien lainnya laki-laki baru pulang umrah," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengemukakan setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium para pasien yang dicurigai terjangkit virus COVID-19 tersebut hanya menderita infeksi di saluran pernapasan, lebih cenderung ke arah asma dan pneumonia.

"Kecil sekali kemungkinan terjangkit virus COVID-19," kata dia.

Akan tetapi sesuai standar operasional prosedur, pelayanan tetap dilakukan sesuai rujukan yaitu pasien rujukan tetap di rawat di ruangan isolasi dan hasil pemeriksaan tetap dikirimkan ke Litbangkes, jelas dia.

"Penyakit yang dikeluhkan pasien berupa sesak nafas, demam, dan batuk. Namun sampai saat ini sudah berangsur pulih," sebut dia.

Baca juga: RSUD Murjani Sampit:Seorang dicurigai terpapar corona hasilnya negatif

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020