Timika (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua AKBP I Gusti Gede Era Adhinata menegaskan operasional perusahaan pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura sama sekali tidak terganggu dengan adanya penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura pada Senin (2/3).

Kasus penembakan terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura pada Senin (2/3) itu, terjadi di luar area pertambangan PT Freeport Indonesia, tepatnya di Kampung Utikini Lama saat anggota Polsek Tembagapura hendak melakukan kegiatan patroli dialogis rutin.

"Operasional PT Freeport masih berlangsung normal seperti biasa. Kejadian kemarin itu di luar area Freeport," kata AKBP Era Adhinata.

Baca juga: Polres Mimika kirim anggota perkuat Polsek Tembagapura hadapi KKB

Kapolres mengatakan semua kendaraan yang melintas di jalan poros tambang dari Timika menuju Tembagapura dan sebaliknya tetap akan dilakukan pengawalan oleh aparat sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) yang berlaku selama ini.

Sehubungan dengan situasi sekitar Kota Tembagapura yang kurang kondusif itu, pimpinan MPR dan DPD RI yang saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke Papua termasuk Timika akhirnya memutuskan tidak melakukan peninjauan ke area pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

"Dalam rapat terakhir telah diputuskan tamu-tamu dari MPR dan DPD RI tidak jadi ke Tembagapura agar tidak mengganggu konsentrasi anggota yang saat ini sedang melakukan pengamanan di wilayah sekitar Tembagapura," jelas AKBP Era Adhinata.

Baca juga: Pengamanan sekitar Kota Tembagapura diperketat

Baca juga: Mobil patroli Polsek Tembagapura ditembak KKB, anggota Polri terluka


Sejumlah pimpinan MPR dan DPD RI akan memulai kunjungan kerja di wilayah Papua sejak Selasa pagi ini.

Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, rombongan pimpinan MPR dan DPD RI melanjutkan perjalanan menuju Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya dan selanjutnya akan bertolak ke Jayapura.

Rombongan akan kembali ke Timika pada Selasa petang dan dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan jajaran Forkopimda Mimika bertempat di Hotel Rimba Papua Timika pada Selasa malam.

Selanjutnya pada Rabu (3/3), rombongan pimpinan MPR dan DPD RI akan meninjau area reklamasi tailing PT Freeport Indonesia di Mile 21 Maurupauw, mengunjungi Institut Pertambangan Nemangkawi Kuala Kencana dan Mimika Sport Complex yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia untuk menunjang penyelenggaraan PON XX Papua pada Oktober-November mendatang.

Baca juga: Polsek Tembagapura diserang gerombolan bersenjata, satu terluka

Baca juga: Polres Mimika kirim anggota perkuat Polsek Tembagapura hadapi KKB

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020