Banda Aceh (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengerahkan personel Satuan Brimob untuk membersihkan material longsor di badan jalan menghubungkan Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh, Senin, mengatakan longsor terjadi pada Minggu (10/5), menyebabkan akses darat kedua kabupaten tersebut sempat terhenti.

"Longsor terjadi hujan deras sejak beberapa hari terakhir di wilayah itu. Longsor juga menyebabkan pohon tumbang, sehingga memutuskan jalur darat dari dan ke Gayo Lues, maupun Aceh Barat Daya," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Baca juga: Lintas Aceh Barat-Pidie tertimbun longsor, Pemkab upayakan pembersihan

Perwira menengah Polri itu menyebutkan personel Kompi 4 Batalyon Pelopor C Satuan Brimob Polda Aceh dipimpin Aiptu Simon P Manurung dikerahkan ke lokasi longsor di Desa Persada, Tongra Kecamatan Terangun, Gayo Lues.

"Pasukan Brimob tersebut bersama pihak pihak terkait lainnya membersihkan material longsor berupa tanah dan pohon tumbang. Kini, ruas jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan umum," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Baca juga: Banjir dan longsor landa enam daerah di Aceh

Selain di Gayo Lues, longsor juga terjadi di Aceh Besar serta beberapa wilayah lainnya di Aceh akibat hujan deras yang melanda provinsi ujung barat Indonesia tersebut sejak sepekan terakhir.

"Kami mengimbau masyarakat pengguna jalan mewaspadai titik-titik longsor di Aceh. Serta mempertimbangkan kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan, sehingga selamat sampai tujuan," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Baca juga: BPBD imbau masyarakat waspadai longsor di musim hujan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020