Siak (ANTARA) - Satu lagi pasien positif COVID-19 di Kabupaten Siak, Riau, dinyatakan sembuh sehingga saat ini hanya menyisakan satu lagi yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian di daerah setempat.

"Santri dari Magetan yang merupakan warga Kelurahan Sungai Mempura berinisial RAN kini dinyatakan sembuh setelah dilakukan swab sebanyak tiga kali dan diperbolehkan pulang ke rumah," kata Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin, Selasa.

Dengan demikian, sudah dua santri Kluster Magetan di Siak yang sudah sembuh dan kembali ke rumah orang tuanya. Sedangkan satunya lagi, kata Benny, kondisi kesehatannya terus membaik mengikuti dua orang temannya itu.

Sebelumnya rekan RAN, yaitu AMS yang tinggal di Kecamatan Dayun, juga dinyatakan sembuh dan kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah orang tuanya. Demikian juga dengan RAN, harus melakukan isolasi mandiri di rumah meskipun sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Baca juga: Satu santri positif COVID-19 Siak dinyatakan sembuh

Baca juga: PSBB diberlakukan, Siak langsung salurkan sembako dan BLT


"Kami juga terus mengingatkan masyarakat Siak untuk tetap menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dan menggunakan masker," ujar Benny.

Benny berharap, setelah pasien terakhir sembuh, tidak ada lagi warga Siak yang terkonfirmasi positif. Pasien terakhir yang masih positif tersebut merupakan warga Kecamatan Siak.

Total sudah ada tiga yang sembuh di Kabupaten Siak dengan pasien pertama pria paruh baya asal Kecamatan Kandis. Setelah itu ada tiga positif gelombang santri dari Pesantren Magetan Jawa Timur dan dua yang sudah sembuh.

Jumlah keseluruhan santri khususnya Ponpes Magetan Temboro yang dari Kabupaten Siak sebanyak 38 orang. Mereka berasal dari beberapa kecamatan yakni Kecamatan Siak empat orang, Kandis enam, Sungai Apit empat.

Selanjutnya dari Kecamatan Minas satu orang, Dayun enam, Sungai Mandau satu, Kerinci Kanan empat, Lubuk Dalam empat dan Mempura delapan. 31 sudah dipulangkan karena setelah uji swab hasilnya negatif dan empat orang lainnya sedang menunggu hasil di samping tiga orang yang sudah dinyatakan positif COVID-19 dengan dua yang baru sembuh ini.*

Baca juga: Lima daerah di Riau mulai diberlakukan PSBB 15 hingga 28 Mei

Baca juga: Pemkab Siak siapkan lahan pemakaman 3,2 ha untuk pasien COVID-19

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020