Tamiang Layang, Kalteng (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas menyatakan jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu bertambah dua orang yakni seorang ibu dan anaknya.

Ampera di Tamiang Layang Selasa mengatakan ibu dan anaknya itu merupakan tiga dari satu keluarga yang terkonfirmasi reaktif setelah tes cepat menyusul ada  tetangganya yang positif COVID-19.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 bertambah 609, sembuh bertambah 298

"Dari tiga warga tersebut, dua orang hasil swabnya menunjukkan positif yakni wanita berinisial M dengan usia 38 tahun dan anaknya berinisial Z dengan usia 12 tahun. Satu lagi anaknya yang berusia 9 tahun menunjukkan negatif," beber dia.

Dikatakan, M dan Z merupakan warga kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah. Mereka menjalani tes cepat tahap kedua pada Kamis (28/5). Hasilnya menunjukkan reaktif. Setelah hasil swab keluar, ibu dan anak dinyatakan positif COVID-19 dan wajib mendapatkan perawatan intensif hingga sembuh pada RS Doris Sylvanus Palangka Raya.

Baca juga: Pemudik di Pulau Tidung positif COVID-19

Ampera yang juga Bupati Barito Timur mengatakan Tim Gugus Tugas saat ini melakukan pengkajian secara epidemiologi untuk mengetahui penularan atau penyebaran COVID-19 di Keluarahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.

"M memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, yakni ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan karena sering berkunjung ke kediaman, warga berinisial MH yang positif COVID-19 di Ampah," katanya.

Baca juga: Satu keluarga positif COVID-19 di Surabaya tolak bantuan pemkot

MH merupakan salah satu jamaah itjima ulama Indonesia di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. MH sempat menjadi pasien positif COVID-19 pada RS Doris Sylvanus Palangka Raya dan dinyatakan sembuh pada Kamis (14/5).

"Untuk saat ini dilakukan tes cepat pada keluarga M dan orang yang memiliki kontak erat," kata Ampera.

Tercatat di Kabupaten Barito Timur ada 11 orang positif COVID-19 dengan keterangan, tujuh orang sudah sembuh, tiga orang masih dalam perawatan di RS Doris Sylvanus Palangka Raya dan satu orang meninggal dunia.

Tiga daerah kecamatan yang terpapar COVID-19 ada tiga yakni Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Benua Lima. Pada Kecamatan Dusun Tengah ada sembilan orang positif COVID-19, tujuh orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Pada Kecamatan Pematang Karau ada satu orang positif COVID-19 dengan keterangan meninggal dunia, sedangkan pada Kecamatan Benua Lima ada satu orang positif COVID-19 dan hingga saat ini masih dalam perawatan.

Ampera meminta masyarakat Barito Timur mendisiplinkan diri melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 seperti mencuci tangan, melepas pakaian dan mandi setelah pulang kerja dan wajib memakai masker saat keluar rumah.

"Ingin tidak terkena COVID-19, intinya adalah mendisiplinkan diri sendiri dengan mencuci tangan dan memakai masker saat keluar rumah," demikian Ampera.

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020