Posko "Jogo Tonggo" Desa Gambasan Temanggung sediakan sembako gratis

id posko jogo tonggo, temanggung, sembako gratis

Seorang warga mengambil sembako gratis yang disedikan di salah satu Posko Jogo Tonggo di Desa Gambasan, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Sejumlah Posko "Jogo Tonggo" di Desa Gambasan, Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyediakan sayur mayur dan kebutuhan pokok (sembako) gratis bagi warga terdampak COVID-19.

Pengurus PKK Desa Gambasan yang juga penggagas sembako gratis di Posko Jogo Tonggo, Indriyanti di Temanggung, Rabu, mengatakan karena dampak wabah corona pihaknya berinisiatif untuk meringankan beban warga secara gotong-royong.

"Kita berinisiatif mengumpulkan dana dari para donatur kemudian kita belanjakan sembako dan sayuran yang ditempatkan di posko. Siapa pun warga yang yang membutuhkan silakan mengambilnya maksimal dua item," katanya.

Ia menuturkan keberadaan sembako gratis ini tidak mengganggu warung yang berada di sekitar posko, karena sembako ini juga di beli dari warung-warung tersebut.

"Kami justru ikut nglarisi, warung-warung di sekitar posko yang sekarang kondisinya lagi sepi," katanya.

Baca juga: Ganjar ajak masyarakat "Jogo Tonggo" melawan COVID-19

Baca juga: Ganjar Pranowo siapkan Satgas "Jogo Tonggo" antisipasi warga kelaparan


Selain sembako, dana yang terkumpul dari para donatur juga dibelikan sayuran hasil panen petani yang harganya kini lagi jatuh.

"Pembelian sayuran dari petani di atas harga pasar. Jadi di sini ada berbagai sayuran dan sembako, ada cabai, wortel, buncis, kacang panjang, beras, lele, dan lainnya, apa pun kita terima," katanya.

Ia menyampaikan selain donatur uang, ada juga yang menyumbangkan berbagai jenis sayuran untuk dibagikan ke warga.

"Kita bersyukur semua bahu-membahu, kita bangkitkan lagi semangat gotong royong yang hampir punah di tengah pandemi ini," katanya.

Kades Gambasan Wahyu Cinto mengatakan Posko Jogo Tonggo yang merupakan program Provinsi Jateng ini pertama didirikan di Desa Gambasan pada 29 Mei 2020 di Dusun Jetis. Saat ini sudah ada sekitar tujuh hingga delapan titik posko yang juga menyediakan sembako gratis di Desa Gambasan.

Ia mengatakan melalui Posko Jogo Tonggo yang menyediakan sembako gratis ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat karena terdampak COVID-19.

Seorang warga Dusun Jetis, Desa Gambasan, Wiwik mengatakan Posko Jogo Tonggo ini sangat membantu warga sekitar yang saat ini sedang kesulitan ekonomi.

"Pembagian sembako maupun sayuran di Posko Jogo Tonggo ini sangat membantu warga di tengah wabah virus corona ini," katanya usai mengambil sayur buncis dan ikan asin di Posko Jogo Tonggo di daerahnya. 

Baca juga: Ganjar kirim 7.000 paket sembako untuk warga Jateng di Jabodetabek

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar