Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah kami untuk mempertegas posisi LPEI sebagai credit enchancer bagi perbankan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam kerja sama penjaminan kredit bank.

Dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat, kerja sama kedua belah pihak diharapkan dapat meningkatkan pembiayaan ekspor serta mendukung agenda pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah kami untuk mempertegas posisi LPEI sebagai credit enchancer bagi perbankan. Selain itu, kami juga berharap kerja sama ini juga dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” kata Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto.

Sejumlah hal yang menjadi ruang lingkup kerjasama antara LPEI dan Bank Mandiri meliputi fasilitas penjaminan dan asuransi kredit, berbagai layanan perbankan Bank Mandiri, serta kerja sama sosialisasi dan edukasi yang dapat disepakati kedua belah pihak ke depannya.

LPEI optimistis dukungan yang diberikan melalui produk penjaminan kredit akan turut membantu bank dalam pembiayaan ekspor atau sebagai credit enhancer sehingga perbankan dapat memperluas pembiayaan ekspor.

Baca juga: LPEI perkuat penjaminan guna pacu ekspor dan jaga kualitas kredit

Baca juga: Kemenkeu angkat pejabat Kemendag jadi direktur LPEI


Sementara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan Bank Mandiri memiliki komitmen kuat mendukung industri berbasis ekspor untuk bisa bangkit agar dapat menghasilkan efek domino yang kuat kepada sektor riil.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan LPEI ini. Dengan pengalaman perbankan Bank Mandiri yang didukung oleh produk penjaminan LPEI yang reliable, kami berharap sinergi ini dapat berkontribusi dalam dalam mendukung program pemerintah Indonesia," ujar Donsuwan.


Kerja sama tersebut tercantum dalam Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan yang ditandatangani oleh Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto dan Direktur Pelaksana I LPEI Dikdik Yustandi bersama Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang di Kantor Pusat LPEI, Jumat.

Baca juga: LPEI dan Bank Permata kerja sama penjaminan kredit ekspor

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020