Unila berlakukan dua sesi pada tes UTBK

id COVID-19,Wuhan,utbk,unila

Gedung Rektorat Universitas Lampung (Unila). Sabtu. (4/7/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) memberlakukan dua sesi satu hari pada tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Ahad (5/7) yang sebelumnya direncanakan empat sesi.

"Sekali sesi, kita bisa menampung sekitar 500 peserta dari lima lokasi yang tersedia di Unila," kata Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Unila M Komarudin, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menjelaskan, dengan adanya perubahan jadwal UTBK terutama yang tadinya satu hari empat sesi jadi dua sesi maka peserta diminta untuk mencetak kartu kembali hingga pukul 16.00 WIB hari ini untuk tahap I dan tahap II Minggu (5/7) pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Unila prioritaskan peserta tes UTBK dari Provinsi Lampung

"Kita memang sarankan agar mereka cetak kartu hari ini supaya mereka bisa yakin betul tesnya hari apa, di gedung mana dan sesi berapa," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa peserta yang tidak mencetak kartu tidak akan dianggap gugur namun, ketika mereka tidak mencetak kartu dikhawatirkan saat pelaksanan UTBK besok peserta kebingungan dalam mencari lokasi dan waktu tesnya.

"Kalau hari ini peserta cetak kartu artinya kan sudah fiks mereka tau dimana lokasi dan sesi berapa tesnya," jelasnya.

Namun, lanjut dia, apabila mereka tidak mencetak kartu artinya saat mereka datang besok pagi untuk mengikuti UTBK peserta tersebut jelas tidak memiliki tanda pengenal sehingga untuk memastikan kapan mereka tes, dimana lokasi dan sesi berapa tentunya harus ke panitia terlebih dahulu untuk memastikannya dan itu memakan waktu.

Baca juga: Banyuwangi bantu tes cepat COVID-19 gratis bagi pelajar ikuti UTBK

"Jelas kalau pencetakan kartu UTBK Tahap I sore ini ditutup mereka tidak bisa cetak lagi, begitu pula dengan Tahap II besok, jadi diminta peserta harus sudah cetak kartu hingga waktu yang diberikan," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa Unila akan melaksanakan UTBK dua tahap dimana tahap pertama itu dari Minggu (5/7) hingga Selasa (14/7) dan tahap kedua Senin (20/7) hingga Jumat (24/7).

"Sebenarnya tahap dua itu pelaksanaannya dari 20-29 Juli 2020 tapi khusus di Unila karena bisa dipadatkan, panita pusat mempercepatnya jadi dari 20-24 Juli 2020 sudah selesai UTBK ini," jelasnya.

Baca juga: Panitia dan pengawas UTBK Universitas Brawijaya jalani rapid test
Baca juga: LTMPT minta peserta cari lokasi UTBK tanpa datang
Baca juga: Kampus UI Depok dan Salemba Jakarta jadi lokasi UTBK 2020

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar