Jakarta (ANTARA) - Liverpool kini hanya berjarak 11 poin dari rekor raihan total poin semusim yang diraih Manchester City dengan 100 poin atau kesohor sebagai centurion pada musim 2017/18.

Pasalnya tim yang sudah juara sejak pekan lalu itu meraih kemenangan 2-0 atas Aston Villa di Anfield dalam laga pekan ke-33, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Dengan kemenangan itu tim besutan Juergen Klopp kini sudah mengantungi 89 poin di puncak klasemen Liga Inggris dan hanya tiga kemenangan dan dua hasil imbang di sisa lima pertandingannya, untuk menyamai rekor Man City.

Sedangkan Villa tertahan di urutan ke-18 klasemen, masih terancam degradasi dengan raihan 27 poin dan tertinggal satu poin di belakang Watford (28) yang sehari sebelumnya kalah lawan Chelsea (57).

Baca juga: Liverpool dekati rekor laga kandang setelah bungkam Villa 2-0
Baca juga: Manchester City tumbang di markas Southampton


Raihan Liverpool itu bisa jadi terasa lebih manis, lantaran beberapa jam kemudian Man City, yang menodai gelar juara mereka pekan lalu, tumbang dalam lawatan ke markas Southampton dan dikalahkan tuan rumah 0-1.

Man City yang duduk di posisi kedua kembali tertinggal 23 poin di belakang Liverpool, dan satu rekor lain yang mereka miliki yakni marjin poin akhir musim sebanyak 19 poin pada musim 2017/18 terancam diambil alih oleh Liverpool.

Bagi Southampton hasil optimal lawan Man City mengamankan posisi mereka di kasta tertinggi musim depan, sebab tim besutan Ralph Hasenhuettl itu kini mengoleksi 43 poin di urutan ke-13 dan punya jarak 16 poin yang tak mungkin dikejar tim-tim zona degradasi di sisa lima laga musim ini.

Dalam laga lain yang berlangsung lebih awal pada Minggu malam WIB, West Ham United harus rela berbagi satu poin dengan Newcastle United setelah dua kali keunggulan mereka diimbangi oleh tuan rumah di pertandingan yang berkedudukan akhir 2-2 itu.

Tambahan satu poin membuat West Ham kini mengantungi 31 poin di urutan ke-16 dan memperlebar jarak aman dari zona degradasi jadi empat poin, sedangkan Newcastle (43) yang ada di posisi ke-12 seperti Southampton juga mengamankan hak tampil di kasta tertinggi musim depan.

Baca juga: West Ham tambah jarak aman degradasi walau cuma imbangi Newcastle
Baca juga: Burnley, Sheffield United berbagi poin di Turf Moor


Sedangkan dua tim kuda hitam, Burnley dan Sheffield United bermain imbang 1-1 di Turf Moor. Sheffield yang mengoleksi 48 poin membuang kesempatan untuk kembali mengamankan posisi ketujuh semenjak digusur Arsenal (48) sehari sebelumnya.

Sementara Burnley (46) satu strip di bawah Sheffield, tetapi kedua tim masih menjaga asa untuk memperoleh satu tiket kualifikasi kompetisi antarklub Eropa musim depan.

Pun demikian posisi kedua tim terancam dilompati oleh Tottenham Hotspur (45) yang berada di urutan ke-10 dan baru memainkan laga pekan ke-33 pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) menjamu Everton di London.

Baca juga: Jose Mourinho akui rela langgar social-distancing demi Carlo Ancelotti
Baca juga: Kualifikasi ke Eropa tak akan pengaruhi proyek jangka panjang Everton


Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-33 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (4/7) malam s.d. Minggu (5/7) dini hari
Norwich City 0 - Brighton & Hove Albion 1 (Leandro Trossard 25') Baca juga: Brighton terus kikis asa Norwich hindari degradasi
Leicester City 3 - Crystal Palace 0 (Kelechi Iheanacho 49', Jamie Vardy 77', 90+4') Baca juga: Vardy sudahi puasa gol dan antar Leicester kembali ke jalur kemenangan
Manchester United 5 - Bournemouth 2 (Mason Greenwood 29', 54', Marcus Rashford p-35', Anthony Martial 45+2', Bruno Fernandes 59'; Junior Stanislas 15', Joshua King p-49') Baca juga: MU rebut empat besar setelah bantai Bournemouth di Old Trafford
Wolverhampton 0 - Arsenal 2 (Bukayo Saka 43', Alexandre Lacazette 86') Baca juga: Arsenal lanjutkan tren positif dengan tundukkan Wolverhampton
Chelsea 3 - Watford 0 (Olivier Giroud 28', Willian p-43', Ross Barkley 90+2') Baca juga: Hajar Watford 3-0, Chelsea amankan kembali posisi empat besar

Minggu (5/7) malam s.d. Senin (6/7) dini hari
Burnley 1 - Sheffield United 1 (James Tarkowski 43'; John Egan 80')
Newcastle United 2 - West Ham United 2 (Miguel Almiron 17', Jonjo Shelvey 67'; Michail Antonio 4', Tomas Soucek 65')
Liverpool 2 - Aston Villa 0 (Sadio Mane 71', Curtis Jones 89')
Southampton 1 - Manchester City 0 (Che Adams 16')

Selasa (7/7) dini hari
02.00 Tottenham Hotspur vs Everton

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020